vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Peran Ikatan Hidrogen Dalam Kehidupan Kita

Peran Ikatan Hidrogen Dalam Kehidupan Kita

Gambar 1. Ilustrasi Ikatan Hidrogen (Sumber: Chemistry World)

Apa Itu Ikatan Hidrogen?

Ikatan hidrogen adalah tipe ikatan kimia yg terbentuk antara atom hidrogen dengan oksigen, nitrogen dan fluorin.

Ikatan hidrogen berperan dalam proses kehidupan seperti penyatuan untai DNA, sifat pelarut pada air, dan penentuan struktur protein melalui pelipatan (folding)

Pembentukan struktur protein ditentukan oleh ikatan hidrogen melalui gugus amina dan elemen elektronegatif seperti oksigen pada residu tertentu.

Ketika terbentuk lipatan pada protein, serangkaian ikatan hidrogen secara bersamaan membentuk ikatan dan menahan strukturnya hal itu dapat memicu terbentuknya struktur 3D unik pada protein tertentu.

Ikatan hidrogen dapat menyatukan untai DNA komplomenter. Pasangan nukelotida dihubungkan dengan ikatan hidrogen donor (bermuatan positif) dan akseptor (bermuatan negatif).

Nukelotida jenis timin memiliki domain satu donor dan akseptor yang berpasangan sempurna dengan adenin, sedangkan pada guanin terdapat 3 ikatan hidrogen dengan sitosin.

Antibodi terdiri atas struktur protein yang terlipat (folding) secara sempurna tepat menargetkan antigen tertentu. Antibodi memiliki bentuk 3D seperti itu (mirip huruf Y) akibat pengaruhi ikatan hidrogen

Antibodi menyesuaikan diri seperti kunci untuk menghambat kinerja antigen dan proses penguncian tersebut terjadi melalui interaksi salah satunya ikatan hidrogen.

Itulah peran ikatan hidrogen dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Wong MTY, Kelm S, Liu X, Taylor RD, Baker T, Essex JW. Higher Affinity Antibodies Bind With Lower Hydration and Flexibility in Large Scale Simulations. Front Immunol. 2022 May 30;13:884110. doi: 10.3389/fimmu.2022.884110. Erratum in: Front Immunol. 2022 Jul 04;13:969176.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8087110/

Posting Komentar

Posting Komentar