vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Cara Penggunaan Pupuk Gandasil B

Gambar Pupuk Gandasil B Bunga Dan Buah 100gr

Gambar Pupuk Gandasil B Bunga Dan Buah 100gr (Bukalapak)

Sebelum membeli pupuk Gandasil B, pastikan sudah mengetahui bagaimana cara penggunaan pupuk Gandasil B yang baik dan benar. Apa itu pupuk Gandasil B? Pupuk Gandasil B adalah salah satu jenis pupuk daun yang banyak digunakan. Kandungan pupuk Gandasil B meliputi unsur hara Nitrogen 6 %, Fosfor 20%, Kalium 30%, Magnesium 3% dan sisanya unsur hara mikro seperti Cobalt (Co), Tembaga (Cu), Boron (Br) dan Seng (Zn) serta Vitamin (Lingga, 1994). Agar tidak salah dalam penggunaannya, yuk simak cara penggunaan pupuk Gandasil B dibawah ini.

Cara Penggunaan Pupuk Gandasil B Standar

1. Pertama, larutkan 1-3 gram pupuk gandasil B ke dalam 1 liter air.
2. Kemudian aduk supaya larut sempurna.
3. Setelah itu, semprotkan ke daun tanaman.
4. Bagusnya semprotkan ke bagian bawah daun tanaman.
5. Aplikasi gandasil B ini bisa dilakukan setiap 8-10 hari sekali, mulainya ketika sudah ada tanaman yang mulai berbunga.
6. Atau jika kelihatan sudah ada kuncup bunga, mulailah menyemprotkan gandasil B.

Cara Penggunaan Pupuk Gandasil B untuk Cabai (Cabe)

1. Konsentrasi pupuk gandasil b untuk cabai adalah 4,5 gram/liter.
2. Waktu aplikasi pada usia 35 HST dan 45 HST.
3. Hasilnya, cabe yang disemprot dengan gandasil B sebanyak 4,5 g/liter hasilnya paling tinggi untuk semua parameter pengamatan. Yaitu:
  • Tinggi tanaman cabai yang paling tinggi.
  • Cabang utama tanaman cabai paling banyak.
  • Umur berbunga cabai paling pendek, yaitu 42 hari sedangkan treatment yang paling lama adalah 47 hari.
  • Presentase bunga tanaman cabai yang berhasil jadi cabai paling tinggi, 95%.
  • Umur panen cabai lebih rendah, karena berhubungan langsung dengan waktu berbunganya yang lebih cepat.
  • Cabai memiliki berat paling tinggi dibanding treatment yang lain dan
  • Jumlah Cabai per tanaman paling banyak.

Cara Penggunaan Pupuk Gandasil B untuk Tomat

  1. Untuk konsentrasi pupuk gandasil b untuk tomat sesuai standar kemasan, yaitu antara 1 – 3 gram/liter.
  2. Waktu aplikasi ketika kuncup bunga tomat sudah mulai muncul. Frekuensinya dibuat beda, ada yang 1 minggu sekali dan 2 minggu sekali.
  3. Nilai konsentrasi gandasil B yang optimal adalan 2 – 3 gram/liter. Mulai dari jumlah bunga, waktu berbunga, berat buah dan jumlah buah nilainya cukup berimbang.
  4. Semakin sering diberikan, hasilnya menjadi lebih tinggi. Dengan kata lain, frekuensi seminggu sekali lebih maksimal hasilnya ketimbang pemberian gandasil buah yang tiap 2 minggu sekali.

Cara Penggunaan Pupuk Gandasil B untuk Jagung

  1. Konsentrasi konsentrasi pupuk gandasil b untuk jagung maksimal yang digunakan 2 kali dibandingkan standarnya. Yaitu sampai 6 gram/liter.
  2. Frekuensi aplikasinya ada yang 5 hari, 10 hari dan 15 hari.
  3. Untuk jagung konsentrasi gandasil b sebanyak 6 gram/liter tidak membakar daunnya. Aplikasi mulai usia 35 hst.
  4. Semakin besar konsentrasi gandasil B dan semakin sering, hasil tanaman jagung malah lebih tinggi. Mulai dari panjang tongkol, diameter tongkol dan berat tongkol jagungnya.

Cara Penggunaan Pupuk Gandasil B untuk Kacang Panjang

  1. Maksimal konsentrasi pupuk gandasil b yang dipakai untuk kacang panjang sampai 6 gram/liternya.
  2. Hasilnya, produksi polong kacang panjang tertinggi diperoleh dengan pemberian gandasil B dengan konsentrasi 6 gram/liter.
  3. Konsentrasi gandasil B sebanyak 6 gram/liter masih aman untuk tanaman jagung dan kacang panjang.

Kandungan Pupuk Gandasil B

Gandasil b mengandung P dan K yang tinggi. Kandungan haranya adalah N 6%, P 20%, K 30%, MgSO4 3%, Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Boron (B), dan Seng (Zn) serta vitamin-vitamin untuk pertumbuhan tanaman seperti aneurine, lactoflavine, dan nicotinic acid amide. Vitamin-vitamin tersebut termasuk vitamin B1 yang memang bagus untuk tanaman.

Itulah cara penggunaan pupuk Gandasil B. Perlu dicatat, hasil pemakaian gandasil B diatas berdasarkan tingkat kesuburan lahan yang sama dan jangan mengabaikan faktor pengolahan lahan. Pupuk daun seperti pupuk Gandasil B hanya sebagai pupuk pelengkap (compliment) tidak bisa sebagai pupuk utama. Pupuk utama tetap harus memberikan pupuk dasar dan pupuk susulan.

Jika ada tambahan informasi mengenai cara penggunaan pupuk Gandasil B atau ada permintaan pembahasan mengenai cara penggunaan pupuk daun lainnya bisa kirim pesan atau DM ke instagram @violthebiologist. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan VIOL THE BIOLOGIST seperti pemasangan iklan, promosi produk, content placement, backlink atau sejenisnya langsung kontak kami melalui instagram kami diatas.

Ingin Pasang Iklan di violthebiologist.com? DM IG @violthebiologist

PENULIS

Rizki Indra Prasetyawan
Rizki Indra Prasetyawan A.P.Kom.
(Crew-Partner Viol The Biologist)

Follow Instagram @rizkiindraprasetyawan

Follow Facebook Rizki Indra Prasetyawan

Bahan Bacaan :

http://kambingjoynim.com/cara-menggunakan-pupuk-gandasil-b/

Andri Eka Saputra. 2021. Aplikasi arang sekam padi dan Gandasil B terhadap Pertumbuhan Serta hasil Tanaman Cabai Rawit (Capsicum fruteescens L.). Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Astutik dan Astri Sumiati. Upaya Peningkatan Produksi tanaman tomat dengan aplikasi gandasil b. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Buana Sains Vol 18 No 2: 149 – 160, 2018.

Hasan Basri.2013. Pengaruh konsentrasi dan interval waktu pemberian pupuk gandasil B pada tanaman jagung manis (Zea mays Saccharata Sturt). Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat.

Anita Bulan , Marisi Napitupulu , dan Hery Sutejo. Pengaruh Pupuk Gandasil B dan Pupuk Kandang Ayam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Jurnal AGRIFOR Volume XV Nomor 1, Maret 2016.
Posting Komentar

Posting Komentar