vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Mengapa Sel Kanker Dorman Bisa Aktif Kembali?

Gambar Sel Kanker Diamati Pada Mikroskop

Gambar Sel Kanker Diamati Pada Mikroskop (The New York Times)

Mengapa Sel Kanker Dorman Bisa Aktif Kembali?

Para peneliti hingga saat ini masih tidak yakin rangsangan pada yang diterima oleh sel kanker dalam kondisi dorman (tidur) agar mereka bangkit kembali dan membentuk tumor jenis baru. Jadi beberapa teori yang menjelaskan beberapa faktor yang memicu sel kanker bisa bangun dari fase dorma seperti tingkat stres di level seluler dan keadaan lingkungan mikro sel tersebut yang mengalami sebuah gangguan (kondisi tidak nyaman yang memungkinkan sel kanker aktif kembali) seperti keberadaan mereka sudah mulai tercium oleh sel imun tubuh.

Sel kanker pada lingkungan mikro akan berkomunikasi antar satu dengan lainnya misalnya komunikasi antar sel kanker dorman dengan sel aktif atau dorman dengan dorman untuk menghasilkan respon survival atau mempertahankan keberadaannya.

Sifat sel kanker cenderung menghindari respon dari sel imun agar mempertahankan eksistensinya yaitu dengan cara mengubah genetika mereka melalui mekanisme mutasi, mengekspresikan berbagai jenis protein agar sel kanker tidak terdeteksi, dan mereka juga bisa menghasut atau mempengaruhi jenis sel imun lainnya untuk membantu mereka tumbuh.

Prediksi perubahan genetik sel kanker memiliki peran penting untuk identifikasi karakteristik perilaku sel kanker tersebut seperti sel kanker dorman untuk mengetahui strategi penanganan tepat kedepannya.

Itulah informasi mengapa sel kanker dorman bisa aktif kembali. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Perego M et al. Reactivation of dormant tumor cells by modified lipids derived from stress-activated neutrophils. Sci Transl Med. 2020 Dec 2;12(572):eabb5817. doi: 10.1126/scitranslmed.abb5817.

Di Martino JS. et al. A tumor-derived type III collagen-rich ECM niche regulates tumor cell dormancy. Nat Cancer. 2022 Jan;3(1):90-107. doi: 10.1038/s43018-021-00291-9.

Carlson P. Targeting the perivascular niche sensitizes disseminated tumour cells to chemotherapy. Nat Cell Biol. 2019 Feb;21(2):238-250. doi: 10.1038/s41556-018-0267-0.

Posting Komentar

Posting Komentar