vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Manfaat Jamur Trichoderma reesei Bagi Kehidupan

Trichoderma reesei Diamati Pada Mikroskop

Gambar 1. Trichoderma reesei Diamati Pada Mikroskop (Sumber: Alchetron.com)

Genus Trichoderma sp. merupakan jamur dengan beberapa ciri unik dibandingkan genus lainnya, berikut ciri-ciri umum dari genus Trichoderma. Trichoderma memiliki struktur hifa yang berbentuk bulat, berwarna kekuningan, dan tipis. Jalinan hifa ini dapat membentuk sebuah miselium yang tumbuh pada substrat tempat menempelnya jamur ini.

Ciri khas lain dari Trichoderma yaitu dapat membentuk konidia yang berwarna hijau yang dihasilkan pada ujung hifa. Siklus hidup jamur genus ini yaitu dapat bereproduksi secara seksual (membentuk struktur yang disebut askus & askospora) dan aseksual (membentuk konidia).

Trichoderma reesei termasuk jamur dengan struktur yang berbentuk filamen, jamur ini memiliki berbagi manfaat yang terdiri atas peranan dalam industri biofuel, pangan, bioremediasi, pertanian, produksi enzim, objek penelitian untuk genetika dan biologi molekuler, serta regulator pertumbuhan tanaman.

Trichoderma reesei Diamati Pada Mikroskop Elektron

Gambar 2. Trichoderma reesei Diamati Pada Mikroskop Elektron (Sumber: Semantic Scholar)

Trichoderma reesei dapat digunakan dalam skala besar untuk produksi biofuel seperti etanol karena memiliki enzim untuk mendegradasi selulosa, selulosa merupakan sebuah komponen utama dalam tanaman. Jamur ini dapat menghasilkan enzim yang terdiri atas selulase dan hemiselulase untuk konversi biomassa menjadi biofuel. Dalam industri pangan, jamur ini digunakan untuk meningkatkan proses fermentasi dan produksi gula karena dapat menghasilkan enzim glucoamilase. Trichoderma reesei berperan sebagai bioremediasi pada lingkungan yang telah terkontaminasi polutan, peran tersebut dilakukan melalui mekanisme degradasi polutan. Beberapa strain jamur Trichoderma reesei dapat digunakan untuk agen biofungisida untuk menghancurkan mikroba-mikroba perusak tanaman budidaya. Jamur ini dapat menghasilkan hormon pertumbuhan untuk tumbuhan yaitu indole-3-acetic acid (IAA), yang mana hormon ini juga memberikan manfaat lain yaitu peningkatan ketahanan tanaman.

Mekanisme Interaksi Trichoderma reesei Pada Tanaman

Gambar 2. Mekanisme Interaksi Trichoderma reesei Pada Tanaman (Sumber: Frontiers)

Itulah informasi manfaat jamur Trichoderma reesei bagi kehidupan. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Naher, L., Fatin, S. N., Sheikh, M. A. H., Azeez, L. A., Siddiquee, S., Zain, N. M., & Karim, S. M. R. (2021). Cellulase Enzyme Production from Filamentous Fungi Trichoderma reesei and Aspergillus awamori in Submerged Fermentation with Rice Straw. Journal of fungi (Basel, Switzerland), 7(10), 868. https://doi.org/10.3390/jof7100868

Sperandio, G. B., & Filho, E. X. F. (2021). An overview of Trichoderma reesei co-cultures for the production of lignocellulolytic enzymes. Applied microbiology and biotechnology, 105(8), 3019–3025. https://doi.org/10.1007/s00253-021-11261-7

Posting Komentar

Posting Komentar