vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Ciri-Ciri Jamur Oomycota yang Wajib Diketahui

Foto Mikroskop Jamur Oomycota

Gambar 1. Foto Mikroskop Jamur Oomycota (Sumber: https://plantlet.org/an-overview-of-oomycetes/)

Beberapa kelompok atau golongan jamur yang biasa disebut sebagai jamur air karena memiliki beberapa ciri-ciri unik karena berbeda dari jamur pada umumnya lebih dekat dengan alga cokelat. Beberapa ciri Oomycota yaitu berdasarkan struktur sel, pergerakan zoospora, tempat hidupnya, sebuah fase parasit, cara bereproduksi, interaksi dengan lingkungan, peran penting dalam pertanian dan kesehatan hewan.

A. Struktur Sel

Jamur ini memiliki sebuah lapisan dinding sel yang terbentuk dari selulosa dan glukomanan, tidak seperti jamur pada umumnya yaitu kitin.

B. Pergerakan Zoospora

Oomycota memiliki zoospora yang di dalam fase hidupnya mampu bergerak menggunakan flagel hal ini juga berbeda dengan jamur pada biasanya yang tidak memiliki zoospora (spora yang bergerak menggunakan flagel).

C. Tempat Hidup (Habitat)

Banyak jamur Oomycota yang ditemukan di lingkungan khususnya perairan, namun terdapat spesies tertentu dari jamur ini dapat bersifat parasit terhadap tanaman dan hewan.

D. Memasuki Fase Parasit

Beberapa spesies jamur Oomycota dapat bersifat parasit dan memicu penyakit spesifik pada tumbuhan maupun hewan. Contoh jamur Oomycota penyebab penyakit pada tumbuhan kentang yaitu Phytophthora infestans.

Gambar 2. Foto Mikroskop Phytophthora infestans (Sumber: https://idtools.org/)

E. Cara Bereproduksi

Jamur Oomycota dapat melakukan dua tipe reproduksi yang terdiri atas seksual dan aseksual, pada fase reproduksi seksual si jamur dapat membentuk oospora, namun ketika memasuki fase reproduksi aseksual maka dapat membentuk zoospora dan sporangium.

Daur Hidup Phytophthora infestans

Gambar 3. Daur Hidup Phytophthora infestans (Sumber: ResearchGate)

Itulah informasi ciri-ciri jamur Oomycota yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Ivanov, A. A., Ukladov, E. O., & Golubeva, T. S. (2021). Phytophthora infestans: An Overview of Methods and Attempts to Combat Late Blight. Journal of fungi (Basel, Switzerland), 7(12), 1071. https://doi.org/10.3390/jof7121071

Posting Komentar

Posting Komentar