vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Cara Menghitung Koloni Bakteri Menggunakan Colony Counter

Colony Counter

Gambar 1. Colony Counter (Sumber: Google Image)

Perhitungan sebuah koloni bakteri melalui alat yang disebut sebagai colony counter dapat memudahkan dan meningkatkan keoptimalan proses perhitungan, begini cara menggunakan colony counter:

A. Preparasi

Pastikan agar telah mengalami solidifikasi dan kering kemudian lakukan identifikasi koloni bakteri yang akan dihitung, jadi koloni ini pastinya memiliki warna, bentuk, dan berbagai macam ukuran yang spesifik. Terakhir, kondisikan lingkungan dan intensitas cahaya agar dapat melihat dan melakukan perhitungan koloni dengan jelas.

B. Penggunaan Colony Counter

Pertama, agar petri diletakkan dibawah mikroskop atau sebuah lampu penghitung koloni dengan posisi dihadapkan ke atas, kemudian pencahayaan disesuaikan untuk memperjelas dan mempermudah proses identifikasi. Setelah itu lakukan penghitungan secara berurutan pada setiap koloni yang telah teridentifikasi, setiap berhasil mengidentifikasi koloni harus menekan tombol pada colony counter sesuai dengan instruksi perangkat yang telah tersedia. Ini terdapat beberapa tambahan, pastikan kita memahami tata cara penggunakan colony counter yang digunakan dalam penelitian, jika memiliki banyak koloni dengan hasil yang lumayan besar dapat dipastikan melalui perhitungan rata-rata, dan jika menggunakan kamera digital atau software penghitung dapat memastikan terlebih dahulu untuk mengikuti instruksi penggunaannya.

Itulah informasi cara menghitung koloni bakteri menggunakan colony counter. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Brugger, S. D., Baumberger, C., Jost, M., Jenni, W., Brugger, U., & Mühlemann, K. (2012). Automated counting of bacterial colony forming units on agar plates. PloS one, 7(3), e33695. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0033695.

Posting Komentar

Posting Komentar