vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Cara Menghitung Bakteri dengan Haemocytometer

Cara Menghitung Bakteri dengan Haemocytometer

Gambar 1. Haemocytometer (Sumber: Google Image)

Perhitungan sebuah koloni bakteri dengan bantuan haemocytometer merupakan metode yang biasa digunakan dalam penentuan sebuah konsentrasi banyaknya sel bakteri yang terdapat dalam larutan spesifik. Dibawah ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan perhitungannya:

Pertama, haemocytometer dibersihkan bersama kaca penutupnya dengan larutan alkohol atau akuades untuk membersihkan dari kotoran, lalu ambil sampel bakteri melalui mikropipet lalu diletakkan beberapa tetes pada permukaan kaca haemocytometer, kemudian kaca penutup ditempatkan secara hati-hati pada haemocytometer agar membentuk ruang yang rata antara kaca dan kamar hitung. Haemocytometer ditempatkan di bagian bawah mikroskop kemudian difokuskan pada bidang dimana letak kaca dan larutan bertemu. Perhitungan bakteri dilakukan yaitu dengan rumus jumlah bakteri dikalikan faktor pembesar dibagi volume kisi-kisi dikali volume aliquot, jadi volume aliquot sama dengan volume sampel yang diambil.

Itulah informasi cara menghitung bakteri dengan Haemocytometer. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Green, M. R., & Sambrook, J. (2019). Estimation of Cell Number by Hemocytometry Counting. Cold Spring Harbor protocols, 2019(11), 10.1101/pdb.prot097980. https://doi.org/10.1101/pdb.prot097980

Posting Komentar

Posting Komentar