vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Resveratrol Adalah: Pengertian dan Manfaat untuk Kulit

Gambar Molekul Resveratrol

Gambar Molekul Resveratrol (iStockphoto.com)

Resveratrol adalah salah satu kandungan skincare yang banyak digunakan. Setiap Skincare memiliki kandungan nutrisi yang telah disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Resveratrol menjadi antioksidan alami yang biasanya ditemukan dalam produk skincare, terutama digunakan sebagai anti aging. Kenali lebih resveratrol lebih jauh beserta manfaatnya untuk kesehatan kulit pada penjelasan di bawah.

Pengertian Resveratrol

Gambar Tanaman Resveratrol

Gambar Tanaman Resveratrol (Mend.me)

Resveratrol adalah senyawa kelompok polifenol yang ditemukan secara alami dalam tanaman. Isolasi senyawa resveratrol bisa dilakukan dari tanaman seperti anggur merah, dark chocolate, anggur, buah beri, dan kacang tanah.

Setelah diisolasi, senyawa murni resveratrol itulah yang selanjutnya diformulasikan ke dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit.

Penggunaan senyawa polifenol untuk kesehatan kulit dan kecantikan memang tak asing lagi. Pasalnya, ini termasuk yang paling banyak digunakan.

Tak hanya dibuat ke dalam formulasi krim, serum, dan moisturizer saja, tetapi ada beberapa suplemen yang berisikan resveratrol.

Kelompok polifenol sendiri mempunyai sifat antioksidan yang tinggi sehingga ia mampu melindungi kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Oleh sebab itulah, resveratrol ini dikenal sebagai fitonutrien unik karena memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit.

Namun, selain itu, sejumlah penelitian juga menemukan manfaat lain dari resveratrol. Salah satunya adalah adanya peningkatan efektivitas resveratrol yang berkaitan dengan kondisi neurologis (Alzheimer), penyakit kardiovaskular dan beberapa penyakit kanker.

Manfaat Resveratrol untuk Kulit

Setelah mengenal apa itu resveratrol, selanjutnya simaklah apa saja manfaat kandungan ini untuk kesehatan kulit pada penjelasan berikut.

1. Mengurangi Efek Penuaan pada Kulit

Gambar Penuaan Dini

Gambar Penuaan Dini (Health.kompas.com)

Pertama, resveratrol berfungsi untuk mencegah efek penuaan pada kulit dengan cara menyamarkan garis halus dan kerutan. Adanya kandungan antioksidan pada resveratrol ini membantu kulit tidak cepat rusak akibat efek radikal bebas.

Resveratrol diklaim memberikan efek hingga dua kali lipat dalam menetralkan radikal bebas serta meningkatkan kadar antioksidan pada kulit. Dengan demikian, kulit bisa mempertahankan cantik alaminya.

Dilansir dari salah satu studi dalam Journal of Drugs in Dermatology bahwa penggunaan resveratrol secara rutin mampu menyamarkan garis halus dan kerutan dalam waktu 12 minggu.

2. Mengurangi Hiperpigmentasi

Gambar Hiperpigmentasi

Gambar Hiperpigmentasi (Ioraclinic.com)

Sering mengalami hiperpigmentasi pada kulit? Tak perlu khawatir lagi, kini ada resveratrol yang siap membantu mencerahkan hingga meratakan kulit. Selain itu, juga bisa mengurangi bintik-bintik hitam yang timbul.

Resveratrol berperan untuk memperbaiki tekstur kulit Anda secara menyeluruh. Oleh karena itulah, sangat direkomendasikan memilih kandungan resveratrol untuk atasi masalah seperti ini.

3. Meredakan Inflamasi

Gambar Inflamasi

Gambar Inflamasi (Sehatq.com)

Adanya inflamasi atau peradangan di kulit biasanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Nah, hal ini cenderung dirasakan oleh orang-orang yang memiliki kulit cukup sensitif dan mudah reaktif dengan kandungan tertentu.

Namun, menurut Journal of Drugs in Dermatology, kandungan resveratrol bisa meminimalkan terjadinya peradangan serta kemerahan pada bagian kulit. Oleh sebab itulah, banyak dipakai untuk mengobati eksim, rosacea, serta kondisi kulit lainnya.

4. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Terakhir, resveratrol bermanfaat dalam meningkatkan elastisitas kulit. Hal tersebut dikarenakan resveratrol mempunyai kandungan antioksidan yang berperan dalam proses tersebut.

Dalam meningkatkan elastisitas kulit, resveratrol juga bekerja dengan meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh serta mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit baru agar tampak lebih sehat.

Jadi, resveratrol adalah kandungan skincare yang banyak ditujukan untuk mengatasi permasalahan kulit seperti di atas. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu atau kondisi kesehatan yang tidak biasa, ada baiknya untuk konsultasikan dulu kepada dokter yang menangani penyakit Anda.

Ingin Pasang Iklan di violthebiologist.com? DM IG @violthebiologist

PENULIS

Rizki Indra Prasetyawan
Rizki Indra Prasetyawan A.P.Kom.
(Crew-Partner Viol The Biologist)

Follow Instagram @rizkiindraprasetyawan

Follow Facebook Rizki Indra Prasetyawan

Bahan Bacaan :

https://www.halodoc.com/artikel/jarang-dikenali-ini-4-manfaat-resveratrol-bagi-kecantikan
Posting Komentar

Posting Komentar