vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Pohon, Hutan dan Keseimbangan Alam dalam Sistem Kehidupan

Gambar Contoh Pohon Dalam Hutan

Gambar Contoh Pohon Dalam Hutan (Google Image)

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 100 ilmuwan dari seluruh dunia memperkirakan sekitar 73.000 spesies pohon terdapat di bumi ini. Namun dari 73.000 tersebut sebanyak 9.200 spesies pohon belum teridentifikasi atau ditemukan. Hal tersebut bisa terjadi akibat dari sebagian besar spesies sudah langka, populasinya rendah dan persebarannya yang sangat terbatas.

Penjelasan dari Peneliti

Menurut para peneliti beberapa spesies pohon yang belum ditemukan juga sangat rentan terhadap gangguan manusia dan perubahan iklim. Penemuan spesies pohon baru dapat digunakan untuk prioritas upaya konservasi hutan dan meminimalisir dampak pemanasan global.

Peneliti menjelaskan bahwa pengetahuan luas tentang keanekaragaman pohon menjadi kunci untuk menjaga stabilitas keseimbangan ekosistem. Selain itu keberadaan hutan juga membantu umat manusia secara gratis yaitu dalam penyediaan bahan baku untuk kehidupan sehari-hari, mengendalikan erosi, menyaring air dan udara.

Mengenal Apa Itu Homestasis

Dalam istilah biologi keseimbangan dalam sistem kehidupan disebut homestasis, kondisi dimana tidak terjadi berbagai macam gangguan biologis yang menyebabkan sistem menjadi gagal. Hal tersebut terjadi karena pengaruh hukum sebab dan akibat. Misalnya tanah longsor adalah akibat penggundulan lahan miring yang menyebabkan alam melakukan proses menuju homeostasis melalui peristiwa tersebut.

Alam sudah berkontribusi kepada kita lalu kapan kita berkontribusi untuk alam?

Itulah penjelasan mengenai pohon, hutan dan keseimbangan alam dalam sistem kehidupan. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Cazzolla Gatti, R., et al. (2022). The number of tree species on Earth. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 119(6), e2115329119.

Posting Komentar

Posting Komentar