vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Bakteri Patogen Ini Bisa Membuat Sel Imun Kita Mengalami Lumpuh

Gambar Ilustrasi Bakteri Patogen Pada Manusia

Gambar Ilustrasi Bakteri Patogen Pada Manusia (Health Europa)

Peneliti telah menemukan sebuah molekul yang diproduksi oleh suatu jenis bakteri merugikan (patogen) pada manusia yaitu Pseudomonas aeruginosa memiliki pengaruh untuk melumpuhkan sistem kekebalan. Pseudomonas aeruginosa (P. aeruginosa) adalah suatu jenis bakteri patogen yang kebal terhadap antibiotik dan bisa masuk ke dalam darah, paru-paru, dan jaringan lain dalam tubuh.

Hasil Penelitan Universities of Freiburg & Strasbourg

Peneliti dari Universities of Freiburg & Strasbourg menemukan mekanisme infeksi bisa melumpuhkan kinerja sel-sel imun (kekebalan) yang berakibat fatal jika terjadi pada seseorang. Bakteri P. aeruginosa mampu menghasilkan jenis molekul yang disebut lectine B (LecB) sebuah molekul penghalang yang terdapat pada permukaan bakteri.

Lec B bekerja untuk mencegah sel kekebalan mengenali dan melakukan migrasi ke limfa, hal tersebut memicu jenis sel imun seperti sel B dan sel T tidak dapat mengalami aktivasi (gagal melakukan respon imun). Jika sel imun seperti sel B dan sel T tidak aktif yang terjadi adalah kegagalan respon imun seperti terjadi peradangan secara besar-besaran, tidak ada antibodi yang diproduksi untuk menghalau serangan bakteri, dan berujung kematian jika tidak mendapatkan pertolongan dengan baik.

Namun penemuan molekul Lec B ini juga bisa memberikan pencerahan bagi peneliti lain untuk melakukan desain obat melawan infeksi P. aeruginosa kedepannya berupa sebuah inhibitor (molekul penghambat). Molekul penghambat berupa antibiotik untuk menghalangi kinerja Lec B pada bakteri tersebut agar sel kekebalan mampu mengenali bakteri dan segera melakukan eleminasi (penghancuran bakteri patogen).

Itulah bakteri patogen yang bisa membuat sel imun kita mengalami lumpuh. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Janina Sponsel, et al. Pseudomonas aeruginosa LecB suppresses immune responses by inhibiting transendothelial migration. EMBO reports, 2023; DOI: 10.15252/embr.202255971.

Posting Komentar

Posting Komentar