vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Kombinasi Kopi dan Susu Ternyata Bisa Berpotensi Menjadi Antiradang

Gambar Minuman Kombinasi Kopi dan Susu

Gambar Minuman Kombinasi Kopi dan Susu (Coffee Science)

Apakah sesuatu yang sederhana seperti kombinasi kopi dan susu bisa berpotensi memberikan efek anti peradangan?

Kopi memiliki kandungan utama senyawa kimia golongan polifenol yang diketahui memiliki manfaat sebagai antioksidan sedangkan susu kaya dengan protein.Sebenarnya meskipun tidak dikombinasikan dengan protein, polifenol sudah memiliki sifat anti peradangan namun dengan dikombinasi dengan protein dari susu apakah sifat tersebut akan semakin kuat atau sebaliknya?

Penelitan dari University of Copenhagen

Sebuah penelitian tentang kombinasi kopi susu untuk anti peradangan dilakukan oleh ilmuwan dari Departement of Food Science dan Department of Veterinary and Animal Sciences dari University of Copenhagen, Denmark. Penelitian ini termasuk dalam penelitian awalan dengan objek percobaan di hewan coba sebelum dilakukan di manusia ungkap Professor Marianne Nissen, kepala peneliti dari Department of Food Science.

Hasil Penelitan

Hasil penelitian menunjukkan kombinasi polifenol dan protein dengan dosis yang sama dapat memberikan efek anti peradangan lebih dibandingkan hanyak menggunakan polifenol saja. Senyawa polifenol memang tidak mudah diserap oleh tubuh, jadi protein dalam susu bisa diibaratkan sebuah pengangkut yang bisa memaksimalkan penyerapan dan efek anti peradangan pada polifenol dalam tubuh.

Meskipun demikian hasil penelitian ini masih membutuhkan uji lanjutan terkait keamanan penggunaan kombinasi kopi-susu pada manusia melalui uji klinik.

Itulah penjelasan kombinasi kopi dan susu ternyata bisa berpotensi menjadi antiradang. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Jingyuan Liu et al. Phenolic Acid–Amino Acid Adducts Exert Distinct Immunomodulatory Effects in Macrophages Compared to Parent Phenolic Acids. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2023; DOI: 10.1021/acs.jafc.2c06658

Mahesha M et al. Covalent bonding between polyphenols and proteins: Synthesis of caffeic acid-cysteine and chlorogenic acid-cysteine adducts and their quantification in dairy beverages. Food Chemistry, 2023; 403: 134406 DOI: 10.1016/j.foodchem.2022.134406

Posting Komentar

Posting Komentar