vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Begini Cara Bakteri Membantu Virus Menginfeksi Tubuh Kita!

Gambar Bakteri Patogen Atau Merugikan Bagi Manusia

Gambar Bakteri Patogen Atau Merugikan Bagi Manusia (Technology Networks)

Riset oleh Peneliti University of Louisville School of Dentistry

Sebuah riset dilakukan oleh peneliti dari University of Louisville School of Dentistry menemukan bahwa suatu jenis bakteri yang berada di dalam mulut bisa membantu memperlancar infeksi virus untuk menyerang tubuh kita.

Jadi begini, sebuah protein yang disebut interferon dapat melindungi kita dari infeksi suatu jenis virus. Protein ini bisa diproduksi oleh sel tubuh kita agar menghalangi virus menyebar ke seluruh tubuh.

Protein ini bisa diproduksi oleh sel penyusun permukaan (epitel) bagian mulut kita untuk mencegah beberapa mikroba merugikan menimbulkan masalah dalam tubuh.

Namun, suatu jenis bakteri mulut yaitu Porphyromonas gingivalis dapat menghambat produksi protein interferon tersebut.Hal itu memicu penurunan kemampuan sel dalam menghambat perkembangbiakan virus karena tidak adanya protein interferon. Si bakteri memproduksi suatu sinyal molekul untuk menghambat sel agar mengalami gangguan dalam menghasilkan interferon.

Sinyal molekul yang dihasilkan oleh bakteri tersebut diprediksi selain bisa mengganggu produksi interferon bahkan dapat menghalangi komunikasi sel epitel dengan sel imun untuk menginformasikan bahwa terjadi serangan atau invansi kuman dalam tubuh. Wah ngeri sekali ya.

Gambar Sel Bakteri Tunggal Bakteri Porphyromonas Gingivalis

Gambar Sel Bakteri Tunggal Bakteri Porphyromonas Gingivalis (Perio.prostho.cc)

Hasil Penelitian

Hasil penelitian mengungkap terdapat keterlibatan peran bakteri Porphyromonas gingivalis dalam memperparah kondisi pasien ketika si pasien juga mengalami infeksi dari suatu jenis virus seperti HIV, Herpes Simplex, dan HPV. Hal ini bisa meningkatkan resiko kematian jika tidak mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Kedepannya peneliti akan membuat inovasi untuk mengaktifkan gen antivirus alami pada manusia untuk mengendalikan infeksi bakteri Porphyromonas gingivalis melalui obat tertentu agar tubuh bisa bertahan. Obat ini bekerja mengaktifkan interferon dan menghambat aktivitas bakteri target.

Itulah cara bakteri membantu virus menginfeksi tubuh kita. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Carlos J. Rodriguez-Hernandez, Kevin J. Sokoloski, Kendall S. Stocke, Himabindu Dukka, Shunying Jin, Melissa A. Metzler, Konstantin Zaitsev, Boris Shpak, Daonan Shen, Daniel P. Miller, Maxim N. Artyomov, Richard J. Lamont, Juhi Bagaitkar. Microbiome-mediated incapacitation of interferon lambda production in the oral mucosa. Proceedings of the National Academy of Sciences, 2021; 118 (51): e2105170118 DOI: 10.1073/pnas.2105170118.

Posting Komentar

Posting Komentar