vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

TEKNOLOGI SEL PUNCA (Stem Cell): Melalui Cara Ini Sel Saraf Otak Kita Bisa Mengalami Regenerasi Kembali

Gambar Ilustrasi Kultur Sel

Gambar Ilustrasi Kultur Sel (Asian Science)

Beberapa daerah otak orang dewasa terdapat sel saraf (neuron) induk yang diam atau tidak aktif, berpotensi untuk diaktifkan kembali untuk membentuk sel saraf baru.

Penelitan dari Universities of Geneva (UNIGE) dan Lausanne (UNIL)

Tim peneliti dari Universities of Geneva (UNIGE) dan Lausanne (UNIL) menemukan cara untuk memicu terbentuknya sel punca baru pada sel saraf ini pada otak.

Sel punca atau stem cell adalah sel yang terdapat pada makhluk hidup yang mempunyai kemampuan regenerasi berbagai macam jenis sel baru (untuk peremajaan kembali).

Hasil Penelitian

Riset yang dilakukan oleh ilmuwan ternyata menunjukkan bahwa terdapat protein dengan nama mitochondrial pyruvate transporter (MPC) yang memicu aktivasi sel saraf yang masih dorman agar bangun.

Jadi di riset tersebut para ilmuwan juga berhasil menghambat aktivitas gen pengkode protein MPC dengan inhibitor tertentu pada otak mencit dan menghasilkan sel saraf tidak dorman atau aktif melakukan regenerasi.

Hasil riset tersebut dapat digunakan untuk aplikasi dalam bidang kesehatan dan masih membutuhkan riset lanjutan.

Itulah penjelasan mengenai teknologi sel punca atau stem cell. Melalui cara ini sel saraf otak kita bisa mengalami regenarasi kembali. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Francesco Petrelli, Valentina Scandella, Sylvie Montessuit, Nicola Zamboni, Jean-Claude Martinou, Marlen Knobloch. Mitochondrial pyruvate metabolism regulates the activation of quiescent adult neural stem cells. Science Advances, 2023; 9 (9) DOI: 10.1126/sciadv.add5220

Posting Komentar

Posting Komentar