vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

DNA Template Adalah: Pengertian dan Fungsinya

Replikasi dan Ekspresi Informasi Genetik

Gambar: Replikasi dan Ekspresi Informasi Genetik (Chemistry LibreTexts)

DNA template adalah salah satu istilah yang terdapat pada materi genetik (DNA dan RNA). Selain DNA template, ada juga istilah lain seperti DNA Sense, DNA Antisense, DNA Anti-Template. Namun pada pembahasan kali ini kita akan fokus memahami apa itu DNA Template. Berikut ini pengertian DNA Template dan fungsinya.

Pengertian DNA Template

Istilah yang ada di dalam untaian DNA

Gambar: Istilah yang ada di dalam untaian DNA (Generasi Biologi)

Dikutip dari Indonesian Journal of Innovation Studies, DNA template adalah DNA yang diperoleh dari hasil isolasi DNA. DNA Template disebut juga DNA Anti Sense, DNA non coding atau DNA negatif dengan arah 3′ → 5′. Untaian negatif DNA template berperan untuk melakukan transkripsi membentuk mRNA. Arah 3′ → 5′ didasarkan pada untaian DNA ini ketika proses transkripsi oleh enzim RNA Polimerase. Urutan / sekuens basa nitrogen pada untaian negatif DNA template ini tidak sama dengan mRNA sehingga dikatakan sebagai DNA non coding.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka ringkasannya adalah sebagai berikut:

Antisense = non-coding = template = untaian negatif = 3′ → 5′

Fungsi DNA Template

Template vs. Non-template (Non-coding vs. Coding strand of DNA)

Gambar: Template vs. Non-template (Non-coding vs. Coding strand of DNA) (Youtube)

Fungsi DNA template adalah cetakan awal dalam proses amplifikasi DNA. Kualitas DNA template sangat penting karena berpengaruh terhadap reaksi amplifikasi dan bisa menghambat kerja enzim DNA polymerase, akibatnya proses amplifikasi sulit dilakukan. Proses isolasi DNA sebagai DNA template dapat berasal dari semua bahan biologis yang berinti sel.

Kesimpulannya, DNA template adalah istilah DNA yang diperoleh dari hasil isolasi DNA. Itulah penjelasan pengertian DNA template dan fungsi DNA template. Jika ada tambahan informasi mengenai DNA template atau ada permintaan pembahasan mengenai istilah-istilah DNA lainnya bisa kirim pesan atau DM ke instagram @violthebiologist. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan VIOL THE BIOLOGIST seperti pemasangan iklan, promosi produk, content placement, backlink atau sejenisnya langsung kontak kami melalui instagram kami diatas.

Ingin Pasang Iklan di violthebiologist.com? DM IG @violthebiologist

PENULIS

Rizki Indra Prasetyawan
Rizki Indra Prasetyawan A.P.Kom.
(Crew-Partner Viol The Biologist)

Follow Instagram @rizkiindraprasetyawan

Follow Facebook Rizki Indra Prasetyawan

Bahan Bacaan:

Indonesian Journal of Innovation Studies. Vol. 15 (2021): July. DOI: 10.21070/ijins.v15i.552 . Article type: (Innovation in Health Science) bisa diakses di https://ijins.umsida.ac.id/index.php/ijins/article/view/552/484

https://generasibiologi.com/2017/09/perbedaan-sense-antisense-template-antitemplate.html

Posting Komentar

Posting Komentar