vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Apa Itu Simplas dan Apoplas pada Tumbuhan? Ini Pengertian dan Perbedaanya!

Jalur simplas dan apoplas

Gambar: Jalur simplas dan apoplas (Generasi Biologi)

Apa itu simplas dan apoplas? Pengertian simplas dan apoplas adalah jalur transpor air tumbuhan yang diserap dari dalam tanah ke organ-organ tumbuhan lainnya seperti batang dan daun. Manfaat air untuk tumbuhan sangat penting mulai dari proses fotosintesis hingga proses tumbuh dan berkembang tumbuhan. Selain simplas dan apoplas, ada jalur transpor air tumbuhan lainnya yaitu Jalur Transmembran. Namun pada pembahasan kali ini, kita akan fokus ke simplas dan apoplas.

Perbedaan Simplas dan Apoplas

Perbedaan simplas dan apoplas

Gambar: Perbedaan simplas dan apoplas (Wikipedia)

Meski sama-sama jalur transpor air tumbuhan, ada perbedaan alur transpor simplas dan apoplas. Berikut rincian alurnya:

1. Alur Transpor Simplas

  • Air dari sel epidermis bulu akar tumbuhan masuk ke sel tumbuhan melalui mekanisme transpor pasif atau difusi.
  • Setelah air masuk ke sel tumbuhan, air bergerak dari satu sel tumbuhan ke sel tumbuhan terdekat dengan memanfaatkan plasmodesmata. Apa itu plasmodesmata? Plasmodesmata adalah bagian dari sitoplasma yang terbentuk saat pembelahan sel.
  • Air dari jalur simplas bergerak terus mencapai jaringan pembuluh. Urutannya dimulai dari sel bulu akar, sel korteks, endodermis, perisikel, dan terakhir di xilem.
  • Jika air sudah sampai di xilem, artinya tumbuhan siap mengangkut air tersebut ke bagian tumbuhan yang lebih tinggi (batang dan daun).

2. Alur Transpor Apoplas

  • Air tidak akan langsung dimasukkan kedalam sel tumbuhan.
  • Air bergerak memanfaatkan ruang-ruang ekstraseluler yang terdapat dalam dinding sel. Tidak hanya ruang ekstraseluler, ruang interseluler yang terbentuk dalam jaringan tumbuhan juga dapat dilewatkan oleh transport apoplas ini.
  • Setelah air mencapai endodermis, laju aliran apoplas akan terhenti oleh pita kaspari.
  • Akibatnya, air terpaksa masuk ke dalam sel agar dapat mencapai endodermis melalui membran plasma.
  • Jika sudah berhasil masuk ke endodermis, air akan mengikuti aliran simplas hingga mencapai jaringan pengangkut (xilem).

Itulah penjelasan mengenai simplas dan apoplas pada tumbuhan yang wajib diketahui. Kesimpulannya, air pada jalur simplas langsung dimasukkan kedalam sel tumbuhan, sedangkan air pada jalur apoplas tidak langsung dimasukkan kedalam sel tumbuhan. Semoga bermanfaat!

Jika ada tambahan informasi mengenai simplas dan apoplas atau ada permintaan pembahasan mengenai bagian-bagian tumbuhan bisa kirim pesan atau DM ke instagram @violthebiologist. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan VIOL THE BIOLOGIST seperti pemasangan iklan, promosi produk, content placement, backlink atau sejenisnya langsung kontak kami melalui instagram kami diatas.

Ingin Pasang Iklan di violthebiologist.com? DM IG @violthebiologist

PENULIS

Rizki Indra Prasetyawan
Rizki Indra Prasetyawan A.P.Kom.
(Crew-Partner Viol The Biologist)

Follow Instagram @rizkiindraprasetyawan

Follow Facebook Rizki Indra Prasetyawan

Bahan Bacaan:

https://generasibiologi.com/2018/12/perbedaan-simplas-dan-apoplas.html

Posting Komentar

Posting Komentar