vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

MicroRNA: Sang Pengatur Ekspresi Gen Kita

Ilustrasi Molekul microRNA

Gambar: Ilustrasi Molekul microRNA (BioVendor.com)

Apa Itu MicroRNA?

Pengertian MicroRNA adalah sebuah jenis molekul yang termasuk dari keluarga RNA, kebanyakan berperan sebagai pengatur ekspresi gen. Mungkin dari kita sangat awam mendengarnya bahkan penulis artikel ini.

Cara molekul ini untuk mengatur ekspresi gen adalah berikatan pada jenis gen tertentu kemudian menghambatnya. Apakah sesimpel itu caranya?

Ambros dan Ruvkun merupkan penemu molekul microRNA (miRNA) yaitu pada tahun 1993 ketika meneliti sebuah larva dari spesies nematodayang bernama Caenorhabditis elegans.

Nematoda Caenorhabditis elegans

Gambar: Nematoda Caenorhabditis elegans (Wikipedia.org)

miRNA disebut sebagai non-coding RNA dengan nukleotida berjumlah sekitar 22. Detail cara bekerja molekul ini yaitu miRNA berikatan pada ujung 3' berupa untranslated region (UTR) pada mRNA untuk menghambat ekspresi gen tertentu.

Namun beberapa penelitian juga menyebutkan miRNA dapat mengaktifkan beberapa regulasi gen yang berperan dalam proses pematangan sel telur pada wanita.

Sel telur pada wanita diamati melalui mikroskop

Gambar: Sel telur pada wanita diamati melalui mikroskop (ScienceDirect.com)

Namun ketika dalam kondisi patogenesis (keberadaan suatu penyakit) misalnya kanker, sel kanker akan memicu produksi miRNA dalam jumlah banyak.

Jenis miRNA yang dihasilkan adalah yang berperan untuk menghambat gen penghalang sel kanker melakukan pembelahan, akibatnya ketika miRNA jenis tersebut banyak maka sel kanker dengan bebas bisa membelah semaunya.

Foto mikroskop elektron sel kanker dari usus besar

Gambar: Foto mikroskop elektron sel kanker dari usus besar

Penelitian terkait miRNA yang berhubungan dengan penyakit tertentu sampai saat ini masih dilakukan, karena molekul ini bisa menjadi target untuk membuat obat antikanker di masa depan.

Itulah informasi MicroRNA, sang pengatur ekspresi gen kita. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Kunihiko Morihiro, Hiraki Osumi, Shunto Morita, Takara Hattori, Manami Baba, Naoki Harada, Riuko Ohashi, Akimitsu Okamoto. Oncolytic Hairpin DNA Pair: Selective Cytotoxic Inducer through MicroRNA-Triggered DNA Self-Assembly. Journal of the American Chemical Society, 2022; DOI: 10.1021/jacs.2c08974
Posting Komentar

Posting Komentar