vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Macam Macam Timbangan Farmasi yang Wajib Diketahui

Macam Macam Timbangan Farmasi yang Wajib Diketahui

Ada macam macam timbangan farmasi yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui macam atau jenisnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai timbangan tersebut sesuai kebutuhan.

Macam Macam Timbangan Farmasi

Berikut adalah macam macam timbangan farmasi serta penjelasannya:

1. Ultra Micro Balance

Ultra Micro Balance

Pertama adalah timbangan dengan tipe Ultra Micro Balance. Untuk timbangan ini mempunyai minimal pembacaan sampai dengan 0.0000001g. untuk tipe Ultra Micro Balance ini menjadi kategori dengan kelas akurasi tingkat I.

Biasanya timbangan tersebut akan digunakan oleh seorang farmasi untuk melakukan analisis bahan dengan kebutuhan tertentu. Jenis tersebut juga mempunyai tingkat akurasi yang paling tinggi diantara lainnya.

2. Micro Balance

Micro Balance

Di kelas kualifikasi kedua terdapat tipe Micro Balance. Untuk minimum pembacaannya sendiri adalah 0.000001g. Atau bisa dikatakan 1 tingkat digit lebih rendah di bawah Ultra Micro Balance. Ini membuatnya berada di posisi kedua dari segi kelas akurasi.

3. Semi Micro Balance

Semi Micro Balance

Dalam pemakaian timbangan farmasi tentu akan disesuaikan pada kebutuhan ketika digunakan. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa hadir macam macam timbangan farmasi saat ini. Tujuannya agar tenaga farmasi dapat melakukan pekerjaannya secara mudah.

Jenis timbangan farmasi selanjutnya adalah Semi Micro Balance. Timbangan ini juga masih menyediakan tingkat akurasi cukup tinggi. Di kelas akurasi Semi Balance berada di tingkat 3 dengan minimum pembacaan sampai dengan 0,01 mg atau 0,00001 g.

4. Analytical Balance

Analytical Balance

Timbangan farmasi kali ini juga akan sering kamu lihat di berbagai laboratorium. Pembuatan timbangan ini didesain agar dapat mengukur masa dengan rentang sub milligram. Bahkan tingkat pembacaannya sendiri adalah 0,1 mg atau 0.0001g.

5. Lain-Lain

Lain-Lain

Selanjutnya masih ada 3 jenis timbangan farmasi lain untuk kamu perhatikan. Hal tersebut seperti Precision Balance dengan akurasi mencapai 0.001 g. berikutnya adalah medium Balance yang tingkat akurasinya adalah 1 g atau 2 g. terakhir adalah Ordinary Balance dengan akurasi lebih dari 5g.

Sebagai informasi timbangan farmasi dengan tingkat akurasi semakin kecil membuat harganya cenderung lebih mahal. Sebab timbangan farmasi secara khusus didesain agar bisa mengukur sampai ukuran microgram. Sehingga informasi terkait macam macam timbangan farmasi bisa kamu ketahui dan dimanfaatkan dengan baik.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai farmasi bisa mengunjungi website pafilannyjaya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Posting Komentar