vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Anda Akan Tetap Hidup Jika Kehilangan Tujuh Organ Ini

Anda Akan Tetap Hidup Jika Kehilangan Tujuh Organ Ini

Tubuh manusia sangat tangguh. Ketika Anda menyumbangkan satu kantong darah, Anda kehilangan sekitar 3,5 triliun sel darah merah, namun tubuh Anda dengan cepat menggantikannya. Anda bahkan bisa kehilangan sebagian besar organ vital dan hidup. Misalnya, orang bisa hidup relatif normal hanya dengan setengah otak. Organ-organ lain dapat diangkat secara keseluruhan tanpa terlalu banyak berdampak terhadap hidup Anda. Inilah beberapa "organ tak vital".

1. Limpa

Organ ini terdapat di sisi kiri perut, arah belakang di bawah tulang rusuk. organ ini paling sering diangkat karena cedera di dekat tulang rusuk. Organ ini ditutupi oleh selaput yang berbentuk seperti kapsul dan mudah robek. Jika tidak di diagnosis dan dirawat, akan mengakibatkan kematian. Bila Anda melihat ke dalam limpa, ia memiliki dua warna penting. Warna merah tua dan kantong putih kecil. Merah terlibat dalam penyimpanan dan daur ulang sel darah merah, sementara putih terkait dengan penyimpanan sel darah putih dan platelet. Anda bisa hidup dengan nyaman tanpa limpa. Hal ini karena hati berperan dalam mendaur ulang sel darah merah dan komponennya. Demikian pula, jaringan limfoid lainnya di dalam tubuh membantu fungsi kekebalan limpa.

2. Perut

Perut melakukan empat fungsi utama: pencernaan mekanis dengan cara menggerus makanan melalui kontraksi otot lambung, pencernaan kimia dengan melepaskan asam lambung untuk membantu memecah secara kimia makanan, dan kemudian penyerapan serta sekresi. Perut kadang-kadang diangkat melalui pembedahan akibat kanker atau trauma. Pada tahun 2012, seorang wanita Inggris harus melepas perutnya setelah menelan koktail yang mengandung nitrogen cair. Saat perut diangkat, dokter bedah memasang esofagus (kerongkongan) langsung ke usus kecil. Dengan pemulihan yang baik, orang bisa makan makanan normal di samping suplemen vitamin.

3. Organ Reproduksi

Organ reproduksi utama pada pria dan wanita adalah testis dan indung telur. Pengangkatan salah satu atau keduanya biasanya akibat kanker, trauma, kekerasan, dan kecelakaan olah raga atau kecelakaan lalu lintas. Pada wanita, rahim juga bisa diangkat. Prosedur ini dinamakan histerektomi yaitu mencegah wanita memiliki anak dan juga menghentikan siklus menstruasi pada wanita pra-menopause. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki ovarium mereka tidak mengalami penurunan harapan hidup. Menariknya,pada beberapa populasi laki-laki, pengangkatan kedua buah pelir dapat menyebabkan peningkatan harapan hidup.

4. Usus Besar

Usus besar (atau usus besar) adalah tabung yang panjangnya sekitar enam kaki dan memiliki empat bagian yang diberi nama: naik, melintang, turun dan sigmoid. Fungsi utamanya adalah untuk menyerap air dan jalan keluar kotoran. Kehadiran kanker atau penyakit lainnya dapat menyebabkan pengangkatan sebagian atau seluruh dari organ usus besar. Kebanyakan orang pulih dengan baik setelah operasi ini, meskipun mereka melihat adanya perubahan pada kebiasaan buang air besar. Diet makanan lunak pada awalnya dianjurkan untuk membantu proses penyembuhan.

5. Kantong Empedu

Kantong empedu terletak di bawah hati di sisi kanan atas perut, tepat di bawah tulang rusuk. Empedu terus diproduksi oleh hati untuk membantu memecah lemak, tapi bila tidak dibutuhkan.

dalam pencernaan dan disimpan di kantong empedu. Ketika usus mendeteksi adanya kandungan lemak, hormon yang dilepaskan menyebabkan kantung empedu berkontraksi untuk membantu pencernaan lemak. Namun, kelebihan kolesterol di dalam empedu dapat membentuk batu empedu. Bila ini terjadi, orang mungkin perlu diberi kantong empedunya. Operasi ini dikenal sebagai kolesistektomi. Setiap tahun, sekitar 70.000 orang memiliki prosedur ini di Inggris. Banyak orang memiliki batu empedu yang tidak menimbulkan gejala. Pada tahun 2015, seorang wanita India memiliki 12.000 dan berhasil dibuang melalui operasi.

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

https://theconversation.com/seven-body-organs-you-can-live-without-84984

https://www.sciencefocus.com/the-human-body/how-many-organs-in-the-body-could-you-live-without

Posting Komentar

Posting Komentar