vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Apa Itu Apterygiformes? Ini Klasifikasi dan Contoh

Gambar Klasifikasi Ordo Pada Aves dan Contohnya

Gambar Klasifikasi Ordo Pada Aves dan Contohnya (Generasi Biologi)

Apterygiformes adalah salah satu ordo aves yang sering dibahas dalam biologi. Aves adalah metode dalam pengelompokan hewan yang ada pada kingdom mamalia. Dalam aves terdapat beberapa ordo yang bisa kamu temukan, salah satunya adalah ordo apterygiformes.

Apa Itu Apterygiformes?

Apterygiformes merupakan salah satu klasifikasi aves yang perlu kamu perhatikan. Hal ini masuk dalam ordo buruk, yang hanya terdapat di Selandia Baru. Selanjutnya Apterygiformes juga dikenal lebih lanjut dengan sebutan hama kiwi.

Ciri-Ciri Apterygiformes

Apterygiformes termasuk dalam kategori burung yang tidak bisa terbang. Salah satu cirinya adalah kepemilikan tulang scapula kecil dan coracoid. Selain itu ada beberapa ciri-ciri apterygiformes yang bisa kamu ketahui, yaitu:

  • Terrestrial
  • Tidak memiliki aftershaft
  • Bulu menyerupai rambut
  • Paruh panjang dan ramping
  • Sayap rudimeter
  • Lubang hidung diujung paruh
  • Leher pendek
  • Tungkai dengan 4 buah jari

Klasifikasi Apterygiformes

Ordo Apterygiformes masuk dalam klasifikasi aves dengan sub class Neornithes. Selanjutnya apterygiformes tersebut akan masuk super ordo dengan klasifikasi paleognathae. Dimana untuk klasifikasi super ordo paleognathae sendiri umumnya tidak dapat terbang.

Sub clas neortithes aves adalah klasifikasi aves yang ada di masa sekarang. Dimana karakteristiknya sudah sangat berbeda dengan sub class Archaeornithes yang umumnya adalah aves jaman purba.

Selanjutnya apterygiformes tergolong hewan nocturnal yang akan beraktivitas di malam hari. Umumnya hewan tersebut akan hidup di daerah Selandia Baru dengan ciri-ciri yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Contoh Apterygiformes

Untuk contoh apterygiformes cukup terbatas. Salah satu contohnya adalah apteryx australis atau yang sering disebut sebagai burung kiwi. Sementara itu beberapa jenis burung kiwi yang masuk kategori apterygiformes adalah sebagai berikut:

  • Burung kiwi coklat besar
  • Kiwi coklat kering
  • Kiwi barat
  • Kiwi utara
  • Kiwi okarito

Jenis apterygiformes adalah ordo yang tidak dapat terbang. Sehingga dirinya cenderung banyak menghabiskan waktu di dalam lubang tanah. Sedangkan untuk makanan utamanya adalah serangga dan buah, seperti raspberry dan blueberry.

Itulah penjelasan apa itu Apterygiformes mulai dari klasifikasi apterygiformes dan contoh apterygiformes. Jika ada tambahan informasi mengenai Apterygiformes atau ada permintaan pembahasan mengenai biologi lainnya bisa kirim pesan atau DM ke instagram @violthebiologist. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan VIOL THE BIOLOGIST seperti pemasangan iklan, promosi produk, content placement, backlink atau sejenisnya langsung kontak kami melalui instagram kami diatas.

Ingin Pasang Iklan di violthebiologist.com? DM IG @violthebiologist

PENULIS

Rizki Indra Prasetyawan
Rizki Indra Prasetyawan A.P.Kom.
(Crew-Partner Viol The Biologist)

Follow Instagram @rizkiindraprasetyawan

Follow Facebook Rizki Indra Prasetyawan

Bahan Bacaan :

https://generasibiologi.com/2016/11/klasifikasi-ordo-pada-aves-dan-contohnya-penjelasannya.html#4_Ordo_Apterygiformes

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/10/125152469/klasifikasi-aves-dan-contohnya?page=all#:~:text=Apterygiformes%20adalah%20ordo%20aves%20yang,jari%2C%20dan%20leher%20yang%20pendek.&text=Contoh%20aves%20anggota%20Apterygiformes%20adalah%20kiwi.

https://www.pijarbelajar.id/blog/aves#apterygiformes
Posting Komentar

Posting Komentar