vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Wow Ternyata Sel Kanker Bisa Memicu Penuaan Sel Imun Kita

Contoh Sel Kanker Diamati Pada Mikroskop

Gambar 1. Contoh Sel Kanker Diamati Pada Mikroskop (Sumber: Scientific American)

Mengenal Apa Itu Sel Punca

Sel punca adalah suatu jenis sel yang mampu berkembang menjadi beberapa jenis sel lainnya. Sel ini juga memiliki kemampuan regenerasi untuk menggantikan sel-sel yang mati melalui proses pembelahan sel.

Sel kanker juga dapat membentuk sebuah sel punca, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertahan diri atau survival pada sel kanker tersebut.

Penelitan dari Hokkaido University Institue for Genetic Medicine

Sebuah penelitian yang dilakukan di Hokkaido University Institue for Genetic Medicine untuk mengidentifikasi target berupa penanda molekul tertentu pada sel punca yang terdapat di kanker.

Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan kandidat agen terapi kanker baru yang menargetkan sel punca pada kanker.

Penelitian ini menggunakan mencit sebagai hewan coba dan jenis sel punca yang berasal dari tumor ganas otak (glioblastoma).

Hasil Penelitian

Peneliti menemukan jenis sinyal interleukin 6 (IL-6) yang diproduksi oleh sel punca dari kanker untuk survival dari respon imun tubuh.

Mekanisme survival tersebut yaitu IL-6 dapat mempercepat penuaan pada salah satu jenis sel imun tertentu seperti makrofag yang menghasilkan makrofag tidak dapat melakukan pembelahan sel.

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Haruka Wada, Ryo Otsuka, Wilfred T V Germeraad, Tomoki Murata, Toru Kondo, Ken-ichiro Seino. Tumor cell-induced macrophage senescence plays a pivotal role in tumor initiation followed by stable growth in immunocompetent condition. Journal for ImmunoTherapy of Cancer, 2023; 11 (11): e006677

Posting Komentar

Posting Komentar