vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Mengenal Cara Baru Virus Menginfeksi Inangnya

Virus Ebola Diamati Pada Mikroskop

Gambar 1. Virus Ebola Diamati Pada Mikroskop (Sumber: News Medical)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Texas Biomedical Research Institute melaporkan bahwa virus Ebola memiliki mekanisme baru untuk menginfeksi sel inangnya.

Virus Ebola Memiliki Cara Baru Menginfeksi Inangnya

Virus Ebola teridentifikasi memanfaatkan terowongan intraseluler untuk berpindah dari sel inang satu ke lainnya. Hal tersebut menjadi tantangan untuk pengembangan antivirus kedepannya.

Terowongan intraseluler ini dalam kondisi normal digunakan oleh sel untuk berkomunikasi dalam hal keperluan kelangsungan hidup sel tersebut.

Mekanisme Terowongan Instraseluler Virus Ebola

Mekanisme tersebut dapat menyebabkan virus bisa melakukan penghindaran obat antivirus dan vaksin. Jika penghindaran berhasil maka akan memicu adaptasi pada virus.

Meskipun mekanisme ini hanya teridentifikasi pada virus Ebola, Sudan, dan Marburg namun tidak luput kemungkinan virus lain juga memiliki mekanisme yang sama.

Itulah informasi cara baru virus menginfeksi inangnya. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Marija A Djurkovic, Carson G Leavitt, Eusondia Arnett, Valeriia Kriachun, Luis Martínez-Sobrido, Rossella Titone, Laura J Sherwood, Andrew Hayhurst, Larry S Schlesinger, Olena Shtanko. Ebola Virus Uses Tunneling Nanotubes as an Alternate Route of Dissemination. The Journal of Infectious Diseases, 2023; 228 (Supplement_7): S522.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8087110/

Posting Komentar

Posting Komentar