vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Mengapa Kita Harus Tidur Dalam Kondisi Gelap Gulita

Contoh Tidur Dalam Kondisi Gelap

Gambar 1. Contoh Tidur Dalam Kondisi Gelap (Sumber: IDN Times)

Perlu kita ketahui semua orang memiliki karakteristik tidur yang berbeda misal dalam kondisi terang maupun gelap.

Tidur Dalam Kondisi Gelap Gulita itu Menyehatkan

Di postingan ini ku saranin agar teman-teman mulai sekarang matikan lampu kamar kalian saat tidur karena tidur dalam keadaan gelap itu menyehatkan.

Jika kita tidur dalam kondisi gelap maka akan memicu peningkatan aktivitas hormon melatonin lebih tinggi dibandingkan tidur dalam kondisi terang.

Hal tersebut diatur pada bagian otak yang disebut sebagai kelenjar pineal (pineal gland).

Apa Itu Melatonin?

Melatonin adalah salah satu jenis hormon yang berperan mengatur siklus tidur seseorang, selain itu hormon ini bisa berperan sebagai antioksidan dan peningkatan performa sistem imun kita.

Produksi melatonin bisa dihambat oleh paparan radiasi sinar biru yang biasa terdapat pada hp kita. Oleh karena itu kalau kita keseringan main HP saat mau tidur dapat menyebabkan insomnia karena mengganggu siklus produksi hormon melatonin.

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Masters, A., Pandi-Perumal, S. R., Seixas, A., Girardin, J. L. & McFarlane, S. I. (2014). Melatonin, the Hormone of Darkness: From Sleep Promotion to Ebola Treatment. Brain disorders & therapy, 4(1), 1000151.

Salehi, B., Sharopov, F., Fokou, P., Kobylinska, A., Jonge, L., Tadio, K., Sharifi-Rad, J., Posmyk, M. M., Martorell, M., Martins, N., & Iriti, M. (2019). Melatonin in Medicinal and Food Plants: Occurrence, Bioavailability, and Health Potential for Humans. Cells, 8(7), 681.

Posting Komentar

Posting Komentar