vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Peranan Bakteri Propionibacterium shermanii

Bakteri Propionibacterium shermanii

Gambar 1. Bakteri Propionibacterium shermanii (Sumber: Pinterest)

Peranan bakteri Propionibacterium shermanii (P. shermanii) yaitu mencakup beberapa hal:

1. Fermentasi Asam Laktat

P. shermanii melakukan proses fermentasi asam laktat melalui laktosa, proses tersebut bakteri dapat mengubah laktosa menjadi asam lakta, proses ini umum seperti pada pembuatan produk yogurt dan susu.

2. Produksi Asam Propionat

P. shermanii juga terlibat untuk memproduksi asam propionat, asam ini dapat memberikan kontribusi pada rasa dan aroma khas pada produk susu hasil fermentasi dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri patogen (merugikan) dalam produk tersebut.

3. Menghasilkan Gas Karbon Dioksida

P. shermanii dapat menghasilkan gas karbon dioksida sebagai produk sampingan ketika proses fermentasi berlangsung, gas ini dapat memicu terbentuknya tekstut dan kelembutan yang khas pada produk susu fermentasi misalnya keju.

4. Membentuk Vitamin B12

Beberapa strain P. shermanii dapat memiliki kemampuan untuk membentuk vitamin B12 atau kobalamin yang berperan penting untuk fungsi saraf yang sehat serta pembentukan sel darah merah.

5. Beperan dalam Industri Keju

P. shermanii sering digunakan dalam pembuatan keju terkenal seperti keju Swiss dan keju Emmental, selama proses fermentasi berlangsung bakteri inid apat menghasilkan karbondioksida yang ditandai dengan membentuk lubang-lubang khas pada keju.

6. Pengendalian Jerawat

Beberapa strain P. shermanii secara alami dapat ditemukan di kulit manusia seperti pada folikel rambut juga, meskipun beberapa strain terkait dalam perkembangan jerawat namun ada juga strain yang dianggap dapat bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan bakteri jahat pemicu jerawat lainnya.

Itulah peranan bakteri Propionibacterium shermanii. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Coronas R, Zara G, Gallo A, Rocchetti G, Lapris M, Petretto GL, Zara S, Fancello F, Mannazzu I. Propionibacteria as promising tools for the production of pro-bioactive scotta: a proof-of-concept study. Front Microbiol. 2023 Jul 31;14:1223741.

Posting Komentar

Posting Komentar