vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Ciri Ciri Bakteri Termoasidofil

Thermoplasma sp. diamati dari mikroskop

Gambar 1. Thermoplasma sp. diamati dari mikroskop (Sumber: Alchetron.com)

Bakteri termoasidofil adalah jenis bakteri yang memiliki sebuah kemampuan dapat hidup dan berkembang biak (melestarikan jenis keturunannya) pada lingkungan dengan suhu tinggi (termofilik) dan asam (asidofilik). Gabungan dari kemampuan untuk bertahan pada suhu tinggi dan lingkungan yang bersifat asam membuat bakteri ini dapat ditemukan di lingkungan yang dengan kondisi ekstrem seperti contotnya pada sumber air panas atau lingkungan geotermal. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum bakteri termoasidofil:

1. Termofilik

Bakteri termoasidofil memiliki optimum suhu hidup yang jumlahnya tinggi, seringkali di atas 50 derajat Celsius. Beberapa bahkan dapat tumbuh pada suhu yang mendekati atau melebihi 70 derajat Celsius.

2. Asidofilik

Berkembang di lingkungan asam: Bakteri termoasidofil dapat hidup dan berkembang biak pada pH yang rendah, yaitu lingkungan yang bersifat asam. Mereka dapat ditemukan pada lingkungan dengan pH kurang dari 3.

3. Hidup di Sumber Air Panas

Umumnya ditemukan di sumber air panas: Bakteri termoasidofil sering kali ditemukan di sumber air panas, seperti mata air geotermal, kolam air panas, atau lingkungan geotermal lainnya.

4. Prokariota

Seperti semua bakteri, bakteri termoasidofil memiliki struktur sel prokariotik, yang berarti tidak memiliki inti sel terpisah dan organisme sel lainnya.

5. Menghasilkan Enzim Termofilik

Beberapa bakteri termoasidofil dapat menghasilkan enzim yang tahan panas, sehingga enzim tersebut dapat digunakan dalam berbagai aplikasi industri yang memerlukan suhu tinggi.

Contoh bakteri termoasidofilik termasuk beberapa jenis bakteri dari genus Thermoplasma sp. dan Sulfolobus sp. Bakteri ini telah menyesuaikan diri dengan lingkungan ekstrem mereka dan memiliki adaptasi unik yang memungkinkan mereka bertahan dalam kondisi suhu tinggi dan asam.

Itulah ciri ciri bakteri termoasidofil. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Lewis AM, Recalde A, Bräsen C, Counts JA, Nussbaum P, Bost J, Schocke L, Shen L, Willard DJ, Quax TEF, Peeters E, Siebers B, Albers SV, Kelly RM. The biology of thermoacidophilic archaea from the order Sulfolobales. FEMS Microbiol Rev. 2021 Aug 17;45(4):fuaa063. doi: 10.1093/femsre/fuaa063.

Posting Komentar

Posting Komentar