vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Gen Asing yang Bergabung dengan Kromosom Bakteri

Konjugasi Bakteri

Gambar 1. Konjugasi Bakteri (Sumber: ScienceDirect.com)

Bagaimana cara sebuah gen misal dari bakteri lainnya yang dapat bergabung dengan kromosom suatu bakteri tertentu? bisa, yaitu melalui sebuah proses tersebut dinamakan transduksi, transformasi, dan konjugasi, hal tersebut tergantung kondisi yang dialami suatu bakteri.

1. Transduksi

Proses ini bisa terjadi jika ada keterlibatan dari bakteriofaga (virus yang menyerang bakteri) yang mentransfer materi genetik dari satu bakteri satu ke lainnya selama proses replikasi berlangsung. Bakteriofaga dapat membawa sebagian materi genetik berupa DNA bakteri inang sebelumnya kemudian menyisipkannya ke dalam bakteri baru selama proses infeksi masih berlangsung.

2. Transformasi

Mekanisme ini ditunjukkan dengan pengambilan sebuah DNA yang ada di lingkungan tempat bakteri ini berada. Bakteri dapat melakukan mekanisme transformasi untuk mengambil sebuah fragmen DNA dari habitatnya, nah jika terdapat kesamaan sekuens (urutan kode genetik) maka dapat terjadi penyisipan gen asing ke dalam kromosom suatu bakteri.

3. Konjugasi

Proses ini berupa transfer materi genetik dari bakteri satu dengan lain, materi gentik yang dimaksud seperti plasmid yang di transfer dengan cara kontak secara langsung secara seluler, plasmid tersusun atas gen-gen yang asing dan dapat bergabung dengan kromosom bakteri setelah mengalami proses transfer.

Ketiga proses tersebut dapat memicu bakteri memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa terhadap lingkungan ekstrem seperti perubahan suhu, pH, hingga pemberian antibiotik. Hal ini juga memicu mekanisme resistensi (kebalnya) suatu bakteri terhadap antibiotik dan kemampuan spesies bakteri tertentu dalam mengelola sumber nutrisi yang baru.

Itulah informasi gen asing yang bergabung dengan kromosom bakteri. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Carvalho G, Fouchet D, Danesh G, Godeux AS, Laaberki MH, Pontier D, Charpentier X, Venner S. Bacterial Transformation Buffers Environmental Fluctuations through the Reversible Integration of Mobile Genetic Elements. mBio. 2020 Mar 3;11(2):e02443-19.

Chiang YN, Penadés JR, Chen J. Genetic transduction by phages and chromosomal islands: The new and noncanonical. PLoS Pathog. 2019 Aug 8;15(8):e1007878.

Neil K, Allard N, Rodrigue S. Molecular Mechanisms Influencing Bacterial Conjugation in the Intestinal Microbiota. Front Microbiol. 2021 Jun 4;12:673260.

Posting Komentar

Posting Komentar