vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Cara Bakteri Mendapatkan Makanan

Foto Mikroskop Bakteri

Gambar 1. Foto Mikroskop Bakteri (Sumber: https://www.everydayhealth.com/)

Sudah tahu cara bakteri mendapatkan makanan? Jika belum, yuk pelajari disini. Beberapa jenis organisme bakteri dapat memiliki berbagai macam cara untuk mendapatkan sebuah makanan, hal tersebut dipengaruhi oleh spesies mereka dan jenis sumber nutrisi yang tersedia disekitar habitatnya. Beberapa cara general atau umum pada bakteri untuk memperoleh nutrisi yaitu:

1. Autotrof

Spesies bakteri dengan sifat autotrof ini dapat membuat makanannya sendiri yaitu dengan menggunakan energi yang terdapat dari lingkungan sekitar, cara ini biasa dilakukan oleh bakteri fotosintetik yang memanfaatkan cahaya matahari untuk membentuk sebuah senyawa organik seperti glukosa.

2. Heterotrof

Nah kalau spesies bakteri dengan sifat ini tidak dapat membuat makanan sendiri melainkan mereka memanfaatkan ketersediaan sumber daya dari lingkungan sekitar, jenis bakteri heterotrof dibagi menjadi dua yaitu saprofi dan parasit. Saprofit berarti mereka memanfaatkan jasad renik dari tumbuhan dan hewan melalui proses pengomposan untuk memperoleh nutrisi, bakteri golongan ini disebut juga sebagai agen dekomposer. Jenis parasit yaitu bakteri yang memperoleh nutrisi dari inang yang ditempelinya, banyak dari jenis bakteri ini yang menyebabkan penyakit tertentu.

3. Kemolitotrof dan Organotrof

Beberapa jenis dari bakteri ini memiliki kemampuan untuk mendapatkan energi dari proses oksidasi dari sumber daya yang berupa senyawa anorganik (kemolitotrof) atau senyawa oragnik (organotrof).

4. Simbiosis

Spesies bakteri tertentu dapat hidup dengan cara melakukan sebuah hubungan (simbiotik) dengan organisme lainnya  hal tersebut dapat kita temui pada beberapa spesies bakteri dalam usus yang membantu dalam pencernaan makanan di tubuh hewan dan manusia.

5. Memperoleh Nutrisi Ekstrim

Nah seperti itu hanya bisa dilakukan oleh bakteri ekstrimofil atau termofilik, bakteri jenis ini dapat hidup di lingkungan dengan kadar keasaman yang sangat tinggi, nutrisi tersebut tidak dapat diakses atau didapatkan oleh organisme lain.

Jadi cara bakteri memperoleh makanan sangat bervariasi atau luas dan adaptasi pada bakteri tersebut dapat membantu untuk bertahan hidup.

Itulah informasi cara bakteri mendapatkan makanan. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Azemtsop Matanfack G, Taubert M, Reilly-Schott V, Küsel K, Rösch P, Popp J. Phenotypic Differentiation of Autotrophic and Heterotrophic Bacterial Cells Using Raman-D2O Labeling. Anal Chem. 2022; 94(22):7759-7766. doi: 10.1021/acs.analchem.1c04097.

Higuchi-Takeuchi M, Numata K. Marine Purple Photosynthetic Bacteria as Sustainable Microbial Production Hosts. Front Bioeng Biotechnol. 2019; 7:258. doi: 10.3389/fbioe.2019.00258.

Posting Komentar

Posting Komentar