vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Bakteri Indikator Sanitasi Adalah: Pengertian dan Jenis

Gambar 1. Ilustrasi Bakteri Bioindikator Sanitasi (Sumber: Murray Brown Labs)

Bakteri Indikator Sanitasi Adalah

Pengertian bakteri indikator sanitasi adalah bakteri yang berperan sebagai bioindikator (penunjuk) seperti untuk indikator kebersihan dan tingkat sanitasi suatu lingkungan atau produk. Keberadaan dari bakteri untuk indikator tertentu dapat memberikan sebuah informasi mengenai keparahan atau tingkat pencemaran suatu mikroba dan keampuhan atau efektivitas dari tindakan sanitasi yang dilakukan.

Jenis Bakteri Indikator Sanitasi

Berikut berupakan beberapa bakteri yang digunakan sebagai indikator sanitasi yang pada umumnya terdiri atas:

1. Bakteri Koliform

Bakteri ini tergolong dalam keluarga Enterobacteriaceae kemudian keberadaannya dapat menunjukan pencemaran oleh tinja atau suatu bahan organik lainnya. Escherichia coli (E. coli) merupakan contoh koliform yang umum digunakan sebagai indikator kualitas air serta kebersihan sanitasi.

Gambar 2. Bakteri E. coli (Sumber: Wikipedia)

2. Bakteri Enterococcus sp.

Jenis bakteri ini biasanya berasal dari saluran pencernaan dalam manusia dan hewan, keberadaan Enterococcus sp. dapat menjadi indikator kontaminasi tinja dan memberikan petunjuk ain terkait tingginya risiko terinfeksi.

Gambar 3. Bakteri Enterococcus sp. (Sumber: Wikipedia)

3. Bakteri Bacillus cereus

Bakteri ini sering kali atau mudah ditemukan di lingkungan tanah, air, dan berbagai bahan atau produk organik. Keberadaan dari bakteri ini dapat menjadi indikator kebersihan di area makanan atau sebuah permukaan yang terdapat paparan bahan organik.

Gambar 3. Bakteri Bacillus cereus (Sumber: Wikipedia)

4. Pseudomonas aeruginosa

Pseudomonas aeruginosa merupakan bakteri yang bisa tumbuh di berbagai lingkungan seperti air dan tanah, keberadaan bakteri ini dapat menjadi sebuah petunjuk seperti kebersihan di fasilitas kesehatan dan suatu lingkungan lainnya.

Gambar 3. Pseudomonas aeruginosa (Sumber: Wikipedia)

Dilakukan kegiatan pengukuran jumlah populasi atau keberadaan bakteri indikator sanitasi ini dengan cara pengambilan sampel lingkungan, air, atau suatu produk bahan makan kemudian menguji konsentrasi bakteri tersebut di laboratorium.

Kesimpulannya, bakteri indikator sanitasi adalah salah satu jenis bakteri yang menjadi indikator kebersihan dan tingkat sanitasi suatu lingkungan atau produk. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Edberg SC, Rice EW, Karlin RJ, Allen MJ. Escherichia coli: the best biological drinking water indicator for public health protection. Symp Ser Soc Appl Microbiol. 2000;(29):106S-116S.

Posting Komentar

Posting Komentar