vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Ternyata Begini Cara Bakteri Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Gambar Bakteri Tanah Berperan Untuk Bioremediasi

Gambar Bakteri Tanah Berperan Untuk Bioremediasi (Science Photo Library)

Pencemaran lingkungan menjadi masalah utama bagi manusia saat ini, tetapi alam juga menyediakan solusi back to nature melalui proses yang disebut bioremediasi.

Bioremediasi adalah sebuah proses untuk mengurangi polutan (agen pencemar) di lingkungan kita yang diperankan oleh mikroba seperti bakteri.

Jadi begini cara mikroba untuk ngurangin polutannya agar tidak meluber kemana-mana. Pertama, mereka (mikroba atau yang dicontohkan pada artikel ini adalah bakteri) dapat memakan polutan itu, contoh polutannya yaitu tumpahan minyak bumi guys.

Tahap kedua, mikroba mencerna polutan dengan bantuan enzim khusus untuk mengubah polutan menjadi karbondioksida dan air. hmm mungkin tubuh kita kagak memiliki jenis enzim ini guys?

Terakhir, si mikroba dapat mengeluarkan karbon dioksida dan air ke lingkungan, jadi hal itu dapat mengurangi kadar polutannya guys. Air bisa jernih lagi, tapi proses bioremediasi ini bekerja berapa lama ya?

Itulah informasi cara bakteri mengatasi pencemaran lingkungan. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Azubuike, et al. (2016). Bioremediation techniques-classification based on site of application: principles, advantages, limitations and prospects. World journal of microbiology & biotechnology, 32(11), 180.

Posting Komentar

Posting Komentar