vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Nanopartikel Perak Sebagai Obat Penanganan Kasus Bakteri Kebal Terhadap Antibiotik

Ilustrasi Serangan Koloni Bakteri Kebal Antibiotik

Gambar: Ilustrasi Serangan Koloni Bakteri Kebal Antibiotik (MIT Dep Biology)

Kasus bakteri yang kebal terhadap antibiotik (resistensi) kiat marak dan para ilmuwan berharap melalui penemuan ini agar bisa dilakukan pengobatan yang layak.

Penelitan dari University of Florida

Sebuah penemuan yang membanggakan terkait pengembangan obat untuk resistensi antibotik oleh peneliti dari University of Florida yaitu dengan pemanfaatan nanopartikel perak.

Jadi nanopartikel perak akan dikombinasikan dengan berbagai jenis antibiotik yang sudah ditemukan untuk meningkatkan kemampuan antibiotik tersebut.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa antibiotik yang dikombinasikan dengan nanopartikel perak dapat bekerja secara sinergis atau saling memperkuat efek baiknya dan menekan efek racun terhadap sel tubuh kita.

Meskipun hasilnya bagus namun temuan ini akan terus dikembangkan dan dilakukan penelitian lebih lanjut menurut Badan Pengawas Obat (FDA) untuk memperkuat bukti ilmiah dan keamanannya.

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Autumn S. Dove, Dominika I. Dzurny, Wren R. Dees, Nan Qin, Carmen C. Nunez Rodriguez, Lauren A. Alt, Garrett L. Ellward, Jacob A. Best, Nicholas G. Rudawski, Kotaro Fujii, Daniel M. Czy┼╝. Silver nanoparticles enhance the efficacy of aminoglycosides against antibiotic-resistant bacteria. Frontiers in Microbiology, 2023; 13 DOI: 10.3389/fmicb.2022.1064095

Posting Komentar

Posting Komentar