vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Fungsi Spatel Farmasi yang Wajib Diketahui

Fungsi Spatel Farmasi yang Wajib Diketahui

Sudah tahu fungsi spatel farmasi? Jika belum, yuk simak penjelasannya disini. Dalam bidang kefarmasian, kamu perlu mengetahui berbagai informasi sekaligus alat-alat, yang digunakannya. Sebab ada banyak sekali peralatan, yang dibutuhkan dalam sistem kerja tenaga farmasi. Salah satu yang perlu diketahui adalah fungsi spatel farmasi.

Fungsi Spatel Farmasi

Berikut adalah fungsi dari spatel farmasi secara lengkap:

1. Mengambil Bahan Kimia

Spatel juga dapat disebut sebagai spatula, yang memiliki fungsi penting dalam bidang medis. Tidak hanya dalam ruang lingkup farmasi saja, namun juga di  beberapa bidang kesehatan lain. Bahkan dokter, perawat serta beberapa tenaga medis juga menggunakan spatula dengan jenis berbeda.

Fungsi spatel dalam farmasi kali ini adalah berperan penting dalam membantu mengambil bahan kimia. Hal tersebut adalah bahan kimia berbentuk padat atau bisa juga sebut ketika menimbangnya.

Proses pengambilan bahan kimia pastinya harus dilakukan secara teliti. Mengingat bahan tersebut nantinya masih harus ditimbang pada neraca analitik. Dimana tingkat akurasinya sangatlah tinggi.

Penting bagi kamu untuk memperhatikan berapa jumlah bahan, yang diambil saat menimbangnya. Sehingga spatel farmasi diperlukan agar jumlah bahan yang diambil dapat memiliki berat akurat.

Disini fungsi spatel farmasi akan memudahkan semua orang, untuk melakukan penimbangan bahan secara tepat. dengan begitu pekerjaaan tenaga farmasi juga dapat berjalan secara lancar.

2. Mengaduk Campuran di Larutan

Selanjutnya spatel atau spatula dalam kefarmasian juga mempunyai beberapa fungsi lain. Fungsi spatel farmasi selanjutnya adalah digunakan dalam mengaduk campuran pada farmasi. Mengingat ranah kerja dari tenaga farmasi juga berkaitan pada pembuatan obat, yang tentunya berhubungan pada berbagai bahan-bahan tertentu.

Sangat disarankan memakai bahan pengaduk yang sifatnya lebih inert terhadap berbagai jenis larutan. Sehingga tidak akan menimbulkan reaksi diantara pengaduk serta larutan tersebut.

Spatel farmasi juga merupakan spatula laboratorium yang pastinya dapat ditemukan dengan mudah. Terdapat beberapa ukuran berbeda yang dapat kamu pilih sesuai peruntukannya masing-masing.

Contohnya adalah untuk kebutuhan mengambil larutan standar sekitar 1-3 gram, maka kamu bisa memakai spatula berukuran kecil. Jika jumlaah larutannya lebih banyak bisa juga menggunakan pilihan spatel lainnya.

Itulah beberapa fungsi spatel farmasi yang wajib diketahui. Silahkan memanfaatkan spatel tersebut sesuai kebutuhan kamu dalam menekuni bidang farmasi. Untuk mendapatkan informasi tentang farmasi secara lengkap bisa mengunjungi website pafitidore. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Posting Komentar