vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Arti Logo PAFI, Sejarah dan Tujuan Dibentuk

Arti Logo PAFI, Sejarah dan Tujuan Dibentuk

PAFI merupakan organisasi profesi yang ada di Indonesia. Dimana disini merupakan tempat berhimpunnya semua tenaga ahli farmasi dengan profesi sebagai Asisten Apoteker atau AA dari seluruh Indonesia. Tentunya organisasi ini sudah tidak asing lagi di kalangan medis dan perlu Anda ketahui.

Sebagai sebuah organisasi professional PAFI juga memiliki logo yang mempunyai makna tersendiri. Selain itu PAFI juga memiliki sejarah panjang serta tujuan organisasi yang perlu Anda ketahui. Maka dari itu silahkan Anda melihat penjelasannya secara lengkap di bawah ini:.

Ketahui Arti Logo PAFI Secara Lengkap Disini

PAFI adalah sebuah organisasi professional yang bisa Anda kunjungi di alamat website https://pafi.id/. Sedangkan PAFI sendiri memiliki kepanjangan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia”. Disini merupakan sebuah wadah perhimpunan tenaga bakti karya dalam bidang farmasi.

Layaknya organisasi lainnya PAFI juga memiliki logo dengan arti khusus. Sementara itu logo PAFI juga sering disebut dengan Bowl of Hygeia, dimana logonya juga digambarkan dengan ular dan mangkuk. Pada dasarnya logo tersebut bercerita tentang dewi Hygeia dalam mitologi Yunani, yang sedang memang bangkuk dan sekelilingnya dikelilingi oleh ular jinak.

Hygeia adalah dewi kebersihan, sanitasi dan Kesehatan. Dirinya merupakan anak dari dewa penyembuhan serta pengobatan Bernama Asclepius. Banyak orang yakin bahwa mangkuk serta ular yang dibawa Hygeia dalam logo PAFI sebagai symbol untuk keseimbangan alam di bumi. Disini ular bisa menunjukkan pasien, yang bebas dalam menentukan pengobatan dirinya.

Ular melilit pada mangkuk berdasarkan kepercayaan Yunani kuno juga bisa mendefinisikan kebijaksanaan dan kesembuhan. Terlebih ular dapat berkomunikasi dengan orang yang sudah mati. Bahkan nantinya ular bisa berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal.

Mengetahui Sejarah dan Tujuan Dibentuknya PAFI

Untuk mendapat informasi mengenai PAFI tentunya bisa Anda dapatkan di website https://pafi.id/. Namun saat membicarakan mengenai PAFI tidak akan terlepas dari aspek sejarahnya. Sementara itu  Persatuan Farmasi Indonesia sendiri jatuh pada tanggal 13 Februari, yang diperingati setiap tahunnya.

Pada awalnya PAFI terbentuk di tanggal 13 Februari 1946, yang menjadi organisasi farmasi pertama sekaligus tertua di Indonesia. Pendiri PAFI adalah Bapak Zainal Abidin, yang menjadi ketua PAFI di masa ini. Bapak Zainal Abidin sendiri adalah tokoh penting yang berjasa dalam peristiwa di Hotel Merdeka Yogyakarta.

Dulunya ikatan apoteker ini disebut dengan IAI belum dibentuk. Salah satu alasannya karena keterbatasan akses saat masa penjajahan Belanda. Dimana pengelola harus dari kalangan terdidik yang lulus sekolah rintisan langsung dari Belanda. Hingga pada akhirnya di tanggal 15 September 1965 berfiri Sarjana Farmasi Indonesia atau ISFI. Organisasi ini dulunya juga sudah hadir dengan nama IAI di tanggal 18 Juni 1955.

Nantinya pada kongres XVIII ISFI yang diselenggarakan di Jakarta ISFI kembali disahkan menjadi IAI. Sedangkan untuk PAFI sendiri adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang disebut dengan TTK.

Dalam pendirian PAFI juga memiliki beberapa tujuan yang perlu Anda ketahui, yaitu

  • Menciptakan masyrakat adil dan Makmur berdasarkan atas UUD 1945 dan Pancasila.
  • Mewujudkan terbentuknya derajat Kesehatan secara optimal bagi semua masyarakat di Indonesia.
  • Peningkatan serta pengembangan pembangunan farmasi di Indonesia.
  • Meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

Dalam hal ini PAFI adalah sebuah organisasi terbaik dan tertua, yang menaungi para ahli farmasi di Indonesia. Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai PAFI di alamat website https://pafi.id/.

Posting Komentar

Posting Komentar