vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Kapan Reksa Dana Dapat Dicairkan?

Kapan Reksa Dana Dapat Dicairkan?

Uang simpanan lebih enak didepositokan atau investasi reksadana? Inilah bedanya reksadana dengan deposito, karena pencairan reksadana bisa dicairkan tanpa harus menunggu jatuh tempo dulu.

Waktu yang Tepat untuk Menjual Reksa Dana

Meskipun sedang butuh uang cepat, bukan berarti Anda harus terburu-buru dalam menjual reksadana, beberapa hal berikut ini mungkin harus menjadi salah satu pertimbangan Anda nantinya.

1. Penurunan Kinerja Reksadana

Penurunan Kinerja Reksadana

Dikelola oleh Manajer Investasi, kinerja reksadana yang dimiliki bisa saja mengalami penurunan, entah itu karena faktor internal maupun eksternal. Jika turun terus menerus, pastinya akan merugikan Anda hingga membuat modal terkikis habis.

Apabila Anda sudah melakukan analisis dan memang tidak melihat adanya prospek baik kedepannya, sah-sah saja untuk melakukan penjualan reksadana sebelum kerugiannya membengkak.

Setelah itu, Anda mungkin bisa menempatkan uang hasil pencairan reksadana tersebut ke produk investasi lainnya yang terlihat lebih cuan.

2. Perubahan Pengelolaan Reksadana

Perubahan Pengelolaan Reksadana

Pengelolaan reksadana sudah dipercayakan pada Manajer Investasi dan tentu saja sudah ada legalitas dari Otoritas Jasa Keuangan.

Apabila Anda menemukan adanya pengalihan saham ke tempat yang berbeda. Jika memang setuju, Anda berhak untuk menerima keputusan tersebut.

Akan tetapi, apabila keberatan, Anda pun berhak untuk menjual reksadana dan menghentikan kerjasama tersebut. Untuk apa terus berinvestasi kalau hanya merugi? Apalagi tujuan investasi sebenarnya adalah untuk  mengembangkan dana yang dimiliki.

3. Pindah ke Instrumen Investasi Lain

Pindah ke Instrumen Investasi Lain

Reksadana memang dinilai sebagai instrumen investasi yang aman dan cocok bagi pemula. Akan tetapi, jika Anda ingin mulai terjun ke investasi yang lain untuk menikmati profit lebih besar, tentu saja diperbolehkan.

Namun, tak mudah untuk bisa berinvestasi di instrumen yang lain, modal yang dibutuhkan pun cukup besar. Nah, salah satu sumber modal tersebut bisa didapatkan dari penjualan reksadana ini.

Investasi di Reksa Dana bisa dimulai dengan nominal kecil. Misalnya investasi Reksa Dana di Moxa mulai dari Rp 10.000 saja. Dengan begitu nabung lebih tenang dan aman. Moxa bekerjasama dengan Mandiri Sekuritas yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Kapan Reksa Dana Dapat Dicairkan?

Reksadana termasuk instrumen investasi yang sangat menguntungkan masyarakat. Anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari imbal hasil investasi (return) saja, tetapi juga keuntungan likuiditas.

Oleh karena itulah, reksadana sangat mudah untuk ditransaksikan, baik itu dibeli ataupun dijual kapan saja. Akan tetapi, ada waktu tunggu yang harus dipenuhi saat Anda ingin mencairkan reksadana ini.

Dimana, manajer investasi, pengelola dana akan membayarkan uang tersebut sampai 7 hari kerja setelah reksadana berhasil dijual. Contohnya, penjualan reksadana yang dilakukan sebelum pukul 1 siang, maka perhitungan dimulai di keesokan harinya.

Akan tetapi, apabila Anda melakukan penjualan reksadana lewat dari pukul 1 siang, maka harus menunggu perhitungan waktu tunggu dimulai sejak lusa.

Meskipun tertulis maksimal 7 hari, bukan berarti uang Anda akan dicairkan pada hari terakhir. Dikarenakan, cepat atau lambatnya proses pencairan ini tergantung pada jenis reksadana yang Anda miliki.

Reksadana pasar uang hanya perlu 1-2 hari kerja saja untuk mencairkan uang Anda. Sedangkan, untuk produk reksadana pendapatan campuran, tetap, dan saham memerlukan waktu lebih baik, sekitar 3-7 hari.

Jadi, pada intinya, waktu pencairan investasi reksa dana sangatlah fleksibel. Anda pun tidak akan dikenakan penalti saat melakukan pencairan reksa dana secara tiba-tiba ataupun dalam waktu yang tidak ditentukan.

Tertarik investasi reksa dana? Kunjungi website Moxa.id atau download aplikasi Moxa dari Astra Financial sekarang juga.

Download Sekarang

Berikut langkah-langkahnya:

1. Lakukan pendaftaran atau buat akun.

2. Pilih menu reksa dana di aplikasi Moxa.

3. Klik kategori reksa dana yang diingikan misalnya reksa dana pasar uang.

4. Pilih produk reksa dana dan cek performanya.

6. Klik 'Beli' jika sudah merasa yakin dengan produk pilihan.

7. Selanjutnya lakukan proses pembayaran dan pastikan sudah top up saldo ke akun RDN. Klik Bayar Sekarang.

8. Selesai! Transaksi reksa dana berhasil diproses.

Posting Komentar

Posting Komentar