vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Neurospora sitophila Adalah: Pengertian dan Peran Pentingnya

Foto Mikrokop Neurospora sitophila
Gambar 1. Foto Mikrokop Neurospora sitophila (Sumber: PSmicrographs)

Apa Itu Neurospora sitophila?

Sebuah jamur yang disebut sebagai Neurospora karena memiliki bentuk menyerupai sel saraf kita atau neuron. Sebenarnya tidak banyak yang diketahui secara pasti tentang informasi selengkapnya terkait jamur tersebut, mungkin karena minat penelitian atau sedang in progress risetnya. Sebelum dinamai sebagai Neurospora sitophila, jamur ini diketahui bernama Monilia sitophila yang masuk klasifikasi jamur Deuteromycota karena reproduksi seksualnya belum diketahui, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut ternyata jamur ini bisa bereproduksi secara seksual dengan membentuk struktur yang disebut askus. Alhasil jamur tersebut diketahui cara bereproduksinya, jadi pada awalnya masuk golongan Deuteromycota kemudian menjadi Ascomycota dengan nama baru yaitu Neurospora sitophila.

Manfaat Neurospora sitophila di Kehidupan Sehari-Hari

Spesies jamur Neurospora sitophila termasuk dari genus Neurospora dengan golongan Ascomycota, jamur tersebut dapat diaplikasikan untuk penelitian biologi molekuler seperti studi genetika dan sebagai model organisme. Jamur tersebut memiliki peranan penting yang terdiri atas:

  1. Pemanfaatannya sebagai organisme model dalam penelitian tertentu, jadi organisme model yang dimaksud adalah untuk penelitian ranah genetika dan biologi sel, hal tersebut dikarenakan Neurospora sitophila memiliki cara reproduksi sederhana, pertumbuhan yang cepat, dan masa hidupnya lebih singkat.
  2. Aplikasinya dalam sebuah riset atau penelitian, Neurospora sitophila banyak digunakan untuk mempelajari mekanisme molekuler replikasi DNA, metabolisme, reaksi biologis, dan regulasi gen tertentu.
  3. Mempelajari metabolisme, Neurospora sitophila digunakan untuk mempelajari proses metabolisme seperti pada karbohidrat. Jamur tersebut dapat tumbuh di medium lebih baik yang kaya akan nutrisi berupa sumber karbon.
  4. Mempelajari ritme sirkadian, hal tersebut bertujuan untuk identifikasi mekanisme pengaturan waktu atau jam dalam biologi.
  5. Aplikasi dalam kajian pendidikan, jamur ini biasa digunakan untuk media pembelajaran untuk pemahaman dasar biologi.

Ngomong-ngomong jamur ini juga bisa diolah menjadi masakan khas yang disebut sebagai oncom.

Olahan Neurospora sitophilla Sebagai Jamur Oncom

Gambar 2. Olahan Neurospora sitophilla Sebagai Jamur Oncom (Sumber: Insomnia Notes)

Itulah informasi tentang Neurospora sitophila. Semoga bermanfaat!

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Mishra NC. Heterokaryosis in Neurospora sitophila. Genetics. 1971;67(1):55-59. doi:10.1093/genetics/67.1.55

https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/391

Posting Komentar

Posting Komentar