vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Mikroba Penghasil Oksigen Tanpa Bantuan Cahaya Matahari!

Gambar: Foto Suatu Jenis Bakteri Diamati Di Mikroskop (ThoughtCo)

Jadi secara umumnya begini, bahwa akan ada oksigen di Bumi jika terdapat bantuan dari cahaya matahari, karena cahaya adalah komponen utama dalam fotosintesis.

Sekarang terdapat sebuah hal mengejutkan yang ditemukan oleh ilmuwan bahwa oksigen juga bisa diproduksi tanpa bantuan sinar matahari.

Mungkin tempat yang dimaksud mungkin di bawah permukaan laut, karena ada lebih banyak hal yang terjadi di perairan laut dalam dan gelap yang belum di eksplorasi guys.

Mikroorganisme yang hidup di kedalaman tersebut sangat banyak sekali tak terhitung dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan kondisi gelap.

Tetapi peneliti menemukan bahwa mereka (si mikroorganisme penghasil oksigen di tempat gelap) dapat menghasilkan oksigen dengan cara tak terduga.

Nitrosopumilus maritimus Dilihat Dari Mikroskop Elektron

Gambar: Nitrosopumilus maritimus Dilihat Dari Mikroskop Elektron (ThoughtCo)

Nih contoh mikrobanya yaitu Nitrosopumilus maritimus. (lihat gambar diatas)

Berdasarkan hasil riset sebelumnya bahwa Nitrosopumilus maritimus bisa menghasilkan oksigen lebih banyak daripada yang mereka butuhkan, oksigen yg dilepaskan dapat bermanfaat untuk organisme lain di lingkungannya.

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

Beate Kraft et al. Canfield. Oxygen and nitrogen production by an ammonia-oxidizing archaeon. Science, 2022; 375 (6576): 97. DOI: 10.1126/science.abe6733

Posting Komentar

Posting Komentar