vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Wow Virus Ini Sangat Efektif Membunuh Bakteri Jahat!

Virus Bakteriofag (Hijau) Menginfeksi Bakteri Diamati Melalui Mikroskop

Gambar: Virus Bakteriofag (Hijau) Menginfeksi Bakteri Diamati Melalui Mikroskop (Science)

CNN Health melaporkan bahwa anak yang bernama Isabelle Carnell-Holdaway dari Inggris yang terinfeksi bakteri Mycobacterium abscessus kondisinya membaik setelah mendapatkan terapi bakteriofag.

Apa Itu Bakteriofag?

Bakteriofag adalah jenis virus yang menyerang bakteri, virus ini tidak dapat menyerang manusia karena manusia tidak termasuk kisaran inangnya. Kisaran inang virus adalah cakupan perluasan kemampuan virus dalam menginfeksi makhluk hidup.

Infeksi Mycobacterium abscessus dapat memicu kerusakan serius pada organ paru-paru dan kebanyakan dari golongan bakteri ini telah resisten (kebal) terhadap pemberian antibiotik.

Pada kasus yang menimpa Isabelle Carnell-Holdaway pada akhirnya dokter menggunakan metode terapi virus bakteriofag untuk penanganan infeksi bakteri Mycobacterium abscessus karena dirasa solusi tersebut paling efektif dibanding terus memberikan kombinasi antibiotik.

Secara biologis solusi tersebut sangat tepat karena bakteriofag adalah pengendali populasi bakteri, infeksi bakteri yang menyebabkan seseorang sakit diakibatkan karena ledakan populasi suatu jenis bakteri dan butuh pengendalian untuk menjadikan kondisi normal kembali.

Apa Itu Antibiotik?

Antibiotik adalah solusi jangka pendek efektif tanpa memikirkan problem baru yang akan terjadi di lain waktu (problem jangka panjang), karena bakteri juga makhluk hidup dan bisa beradaptasi, mereka akan menghasilkan masalah baru lagi dikemudian hari ketika penggunaan antibiotik yang berlebihan.

Oleh karena itu harapan kedepannya agar agen terapi bakteriofag dapat dikomersialkan dan penggunaannya berimbang dengan antibiotik yang direkomendasikan oleh dokter.

Tanya-tanya? DM ke IG @violthebiologist

Penulis

Viol Dhea Kharisma

Viol Dhea Kharisma, S.Si., M.Si

(Content Creator & Peneliti Biologi)

Follow Instagram @violthebiologist

Follow Facebook Viol The Biologist

Follow TikTok @violthebiologist

Bahan Bacaan:

https://edition.cnn.com/2019/05/09/health/cystic-fibrosis-teen-engineered-bacteriophage-study/index.html

Posting Komentar

Posting Komentar